Beranda Jateng Kapolda Resmikan Lapangan Tembak Brimob Gunung Kendil

Kapolda Resmikan Lapangan Tembak Brimob Gunung Kendil

691
Kapolda Jateng meresmikan lapangan tembak di Mako Brimob Gunung Kendil, Boyolali. FOTO : AJI JARMAJI/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI – Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono meresmikan lapangan tembak di Mako Brimob Subden 3 Detasemen C Pelopor. Lapangan tembak ini memiliki 7 stage tembak reaksi, satu long stage dan satu shooting house. Merupakan lapangan tembak berstandar internasional.

Kapolda menyatakan, lapangan tembak itu merupakan yang terbaik di Jateng yang dimilik Polisi saat ini. Dia pun menyatakan kebanggaannya atas terbangunnya lapangan tembak tersebut.

“Saya sangat bangga, di Kompi ini ada lapangan tembak hasil swadaya, sekaligus sinergitas dengan temen-temen komunitas. Lapangan tembak ini paling bagus,” ujar Irjen Pol Condro Kirono, disela-sela peresmian lapangan tembak di Mako Brimob Gunung Kendil, Mojosongo, Boyolali, Jumat (8/12)

Di lapangan tembak tersebut, jelas dia, juga ada simulasi-simulasi untuk penyerangan kalau ada ancaman terorisme. Menurut dia, di seluruh Mako Brimob rata-rata sudah memiliki lapangan tembak. Sedangkan untuk Polres, baru Wonogiri serta di Sekolah Polisi Negara (SPN).

Pihaknya berharap, adanya lapangan tembak ini bisa digunakan anggota Polri untuk berlatih. Sehingga ketrampilan anggota Polri, Brimob dalam menembak menjadi lebih bagus.

“Karena kita menerima latihan senjata api hanya pada saat di pendidikan dan langsung bertugas. Maka perlu di-maintenance dengan adanya pelatihan-pelatihan,” kata Condro Kirono.

Dikatakan Condro, lapangan tembak bagi Polri sangat penting dan strategis. Pasalnya, kemampuan yang diperoleh saat di pendidikan, kalau tidak dilatih akan hilang. Sedangkan di satu sisi Polri terus menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. Terutama menghadapai gangguan keamanan.

“Pelaku-pelaku kejahatan yang semakin kesini semakin canggih dan menggunakan senjata api juga. Oleh karenanya untuk memingkatkan kemampuan diri bagi anggota Polri, khususnya Brimob, lapangan tembak itu wajib, harus ada,” tandasnya.

“Tolong soliditas TNI, Polri, Kodim, Polres dan komunitas bisa latihan bareng disini,” kata dia.

Komandan Satuan Brimob Polda Jateng, Kombes Pol Tory Kristanto, mengatakan lapangan tembak ini dibangun selama delapan bulan. Lapangan tembak ini bisa digunakan untuk latihan maupun perlombaan.

“Perbakin silahkan pakai lapangan ini (untuk latihan), kita buka untuk umum,” kata Tory dalam sambutannya. (aji/saf)