Kapolres Ajak Anggota Donor Plasma Konvalesen

7
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Surakarta

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho bersama enam anggota Polres Sukoharjo melakukan donor plasma konvalesen di PMI Surakarta, Kamis (22/7/2021).


“Ini sebagai bentuk ikhtiar kami untuk mendukung pemulihan dan memdukung kesembuhan para pasien covid19,” ungkap Kapolres Sukoharjo, usai melaksanakan donor plasma di PMI Surakarta.


Kapolres juga mengajak para penyintas covid lainnya untuk proaktif dan sukarela mendonorkan plasma konvalesen nya untuk kesembuhan pasien covid19.


“Ayo kami ajak semua penyintas covid untuk donor plasma, demi pemulihan dari masa pandemi ini,” tegas Kapolres.
Untuk kloter pertama ini, Kapolres yang merupakan penyintas covid19, donor bersama enam anggota. Untuk anggota lain yang juga penyintas covid19 yang belum donor akan dijadwalkan kemudian.


Dr Agni Romadona, kepala bagian pelayanan dan pengembangan PMI Surakarta, mengungkapkan syukur ada pendonor sukarela dari Polres Sukoharjo, karena kebutuhan plasma konvalesen masih cukup tinggi.


“Bersyukur sekali untuk jajaran Polres Sukoharjo, karena kebutuhan plasma konvalesen saat ini sangat tinggi. Sementara daftar tunggu plasma konvalesen di PMI Surakarta masih banyak, kami berharap kesadaran para penyintas covid19 tinggi hingga plasma mereka bisa menolong orang lain,” ungkap Dr Agni.


Diketahui sampai hari ini, daftar antrian donor plasma konvalesen di PMI Surakarta mencapai 97 kantong. Terdiri dari golongan darah A sebanyak 47 antrian, golongan darah B sebanyak 15 antrian, golongan darah O sebanyak 20 antrian dan golongan darah A Bsebanyak 12 antrian.


“Antrian memang banyak berkurang karena banyak kelurga pasien yang mencari sendiri penyintas untuk donor plasma,” Tandas Dr Agni. (dea/rit)