Kapolres Demak Cek Kondisi Tanggul Sungai Tuntang

7

JATENGPOS.CO.ID,  DEMAK – Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono didampingi jajarannya melakukan pemantauan dan mengecek kondisi tanggul sungai Tuntang, Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021).

Kapolres yang didampingi pula Kapolsek Guntur AKP Anang Heriyanto, melihat langsung keadaan tanggul serta keadaan sisi dalam sungai tersebut.

Saat mengecek sisi dalam sungai, Kapolres melihat adanya retakan di tanggul sungai Tuntang yang pernah jebol pada 9 Januari 2020 yang berdampak pemukiman dan persawahan warga terdampak banjir.

“Kondisi tanggul sungai yang ambles sudah dalam perbaikan dengan meninggikan tanggul menggunakan alat berat dan memasang trucuk bambu. Diharap masyarakat tidak membuat sodetan agar tanggul sungai Tuntang tidak jebol,” ujar Kapolres.

Kapolres beserta rombongan selanjutnya bergerak menuju Desa Sidoharjo. Ia mengecek pula tanggul sungai Tuntang yang melintasi desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengecek dan menanyakan kepada perangkat desa Sidoharjo terkait keadaan tanggul sungai. Kapolres menerima penjelasan dari perangkat desa setempat terkait dengan tanggul yang relatif lebih rendah.

Kapolres menjelaskan, tujuan dilakukan pengecekan tanggul sungai Tuntang untuk mengatisipasi sejak dini ancaman bahaya banjir saat datangnya musim hujan.

“Hampir tiap tahun, air meluap dari sungai Tuntang dan terjadi banjir yang menggenangi beberapa wilayah desa di Kecamatan Guntur. Mudah-mudahan, ancaman bahaya banjir dengan datangnya musim hujan kali ini, tidak memyebabkan banjir khususnya di wilayah Guntur dan Kabupaten Demak pada umumnya,” pungkas Kapolres.