Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Karya Inovatif pada KBM Matematika Matrik.

Karya Inovatif pada KBM Matematika Matrik.

192
Murni Haryati,S.Pd Guru Matematika SMK Negeri 1 Gesi, Sragen.
Murni Haryati,S.Pd Guru Matematika SMK Negeri 1 Gesi, Sragen.

Pembelajaran matematika pada materi matriks sangatlah mudah untuk dipelajari. Apalagi pembelajaran tersebut berdasarkan persiapan 5 hal pokok. Guru, sumber bahan berupa buku dari kementerian pendidikan dan kebudayaan yang di fasilitasi dari DUDI ( Dunia Industri ) yang biasa di sediakan di Perpustakaan atau buku pendamping, siswa, bahan dan alat, dan pandangan mata santai ( slow ). Matriks disampaikan pada sumber bahan pelajaran yang biasa digunakan seperti buku atau fasilitas internet dan tabel pada ruangan kelas. , ketua kelas dan siswa langsung menyesuaikan. Semua siswa diberi kesempatan selama 10 menit untuk membaca sumber buku yang telah disediakan. Pandangan mata harus santai ( slow ).

Ketua kelas diberi tugas untuk melakukan peminjaman buku di perpustakaan. Siswa yang lainnya menyiapkan alat dan bahan yang akan dipelajari. Setelah buku disiapkan maka siswa membuka buku paket wajib yang telah disediakan. Guru mempersiapkan lebih awal kelengkapan bahan untuk mengajar. Ruang Aula saja bisa di buat pembelajaran matrik dengan cara siswa berbaris. Siswa yang bertugas sebagai bentuk kurung matriknya akan terkelompokkan sendiri sedangkan pada siswa yang akan mengisi elemen pada ordo matriks yang ditentukan sehingga bisa mengisi dari elemen pada masing – masing ordo yang ditentukan. Tiap elemen akan di isi dari tiap angka yang di tulis dan angka itu nantinya akan di isi jumlah siswa sesuai jumlah angka yang dimaksud.

Matriks untuk jenjang SMK hanya bisa dibuat bila mendapat jadwal mengajar dari Sekolahan. Sangatlah mudah untuk di buat karena hanya angka dan tanda kurung aja untuk materi awal yang disampaikan untuk menopang pembelajaran praktek matrik oleh siswa. Praktek matrik sangatlah didukung untuk menunjang pembelajaran yang cooperative ( kerjasama ), baik kerjasama antar guru dan siswa. Kekuatan otak dan otot perlu ditunjang musik atau musik melodi.

Matrik merupakan pembelajaran jenjang Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). Siswa senang karena merupakan hal yang baru, mudah dan menarik untuk dikembangkan. Pengertian singkat, angka, dan simbol sebagai salah satu dari ciri khas ilmu matematika yang mudah difahami. Memaparkan sebuah tabel pada awalnya sehingga hanya megambil pada kolom yang ada tulisannya saja merupakan hitungan matematika yang sangat mudah. Tanda kurung matrik mudah dalam seketika bisa diperkenalkan terhadap murid. Matrik kolom, matriks baris, matriks, persegi, matrik segitiga, matriks persegi panjang, matriks identitas, dan matriks nol. Siswa harus tahu berapa angka dari masing masing elemen. Ordo banyaknya baris dan banyaknya kolom. Siswa harus paham posisi elemen pada ordo yang ditentukan. Siswa akan mudah melaksanakan pembelajaran praktek matriks.

Praktek matrik sangatlah mudah karena sembari olah otot akan membuat suasana mata pelajaran yang dilakukan secara kolaboratif antara adaptik ( hitungan ) dan behaviour ini akan mendukung sebuah pembelajaran pengembangan kurikulum yang bagus. Sikap santai dan kolaboratif harus di terapkan karena mendukung untuk pembelajaran yang menyenangkan. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk lebih mempercepat pemahaman matrik. Matrik akan dibuat pada ukuran besar dalam praktek matrik ala baris berbaris.

Murni Haryati,S.Pd
Guru Matematika SMK Negeri 1 Gesi, Sragen.