Kerahkan Puluhan Pompa Sedot Sisa Banjir

JATENGPOS.CO.ID,  DEMAK – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan kepada korban banjir yang masih bertahan di pengungsian SMK Ganesa Kecamatan Gajah Demak, Rabu (21/2).

Bantuan berupa sembako ini diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Letjen Suhariyanto kepada para pengungsi dengan didampingi bupati Demak Hj dr Eistianah dan pejabat terkait lainnya.

Kepada wartawan Kepala BNPB mengatakan mereka sudah tiga kali ini ke Demak dan memastikan penanganan bencana berjalan baik dan semestinya.

“Yang jelas saat ini kondisi tanggul sudah ditutup, dan pengungsi yang masih berjumlah ribuan secara perlahan sudah kembali ke rumah. Ini tentunya sesuai dengan petunjuk bapak presiden,” jelasnya.

“Setelah tanggul tertutup air tidak masuk lagi. Kami dari pusat bawa seluruh pompa untuk menyedot air di seluruh rumah dan wilayah. Karena jika tidak dilakukan penyedotan air baru bisa kering 2 bulan lagi,”  imbuhnya.

Selain itu mereka juga memanfaatkan teknologi modifikasi cuaca yang sudah berjalan 7 hari dan akan diperpanjang 2 hari lagi.

Sementara itu Bupati Demak Eistianah mengatakan daerah yang masih terendam banjir ada di desa Kedung Banteng kecamatan Karanganyar.

“Di wilayah tersebut memang wilayahnya rendah sehingga air tidak bisa keluar dan harus dilakukan penyedotan,” pungkasnya. (adi)