Keunikan Ojol Lokal Salatiga, Melayani Pungut Jemuran hingga Nunggu Pasien di RS

OJOL LOKAL: Layanan ambil resep obat di RSU Salatiga. ( foto : ist/dekan jateng pos).

JATENGPOS. CO. ID, SALATIGA- Bila ojek on line lazimnya untuk mengantar jemput atau membelikan atau mengirim barang saja, namun tidak dengan ojek on line lokal di Kota Salatiga ini. Ojol lokal Jegboy dan Jeggirl ini unik, karena tidak jarang juga melayani hal-hal yang nyeleneh, semisal ngentasi jemuran ketika turun hujan, saat pemilik rumah tidak ada.

Menurut pengelola Jegboy dan Jeggirl Sahono mengatakan, selama delapan tahun mengelola ojol lokal ini, banyak juga permintaan layanan yang ‘nyleneh’ yang tak bisa dilakukan operator ojek online nasional. Diantaranya ada konsumen yang meminta hanya untuk memasangkan regulator tabung gas, menangkap kadal yang masuk rumah dan sebagainya.
“Kalau musim nikahan, ada konsumen yang minta ditemani ke kondangan. Kalau musim hujan ada yang minta untuk meminggirkan jemuran karena kondisi rumah kosong,” kata Sahono sembari tersenyum saat ditemui, Jumat ( 7/6/2024).

Meski begitu, tak semua driver bersedia melayani permintaan konsumen tersebut. “Kalau yang aneh-aneh memang hanya beberapa driver yang bersedia, karena memang itu permintaan khusus. Meski begitu, tidak dikenakan tarif lebih, tetap kita patokan sesuai tarif yang ditentukan. Tetap dilayani sepenuh hati,” kata Sahono.

Karena keunikan tersebut, Jegboy dan Jeggirl menjalin kerjasama dengan RSUD Salatiga yaitu mengantarkan obat khusus dari RSU Salatiga ke rumah pasien. Hal ini sebagai jawaban atas keluhan masyarakat yang mengantri lama setelah periksa dokter di RSU.

” Ini pengalaman pribadi, setelah periksa menunggu lama untuk menebus obat. Dari pengalaman itu, saya menawarkan ke RSUD untuk Jeggboy memberikan layanan antar obat, sehingga pasien rawat jalan setelah periksa tidak usah menunggu lama, pulang istirahat dan kami yang mengatar obatnya. Tarifnya juga murah Rp 10 ribu untuk dalam kota, untuk luar kota ada tambahan Rp 2.250 per satu kilometernya,” imbuhnya.

Tidak hanya mengantar obat saja, Jeggboy juga bisa menemani pasien di rumah sakit yang keluarganya tidak bisa menemani di rumah sakit.” Kami juga bisa menemani pasien yang keluarganya tidak ada di Salatiga dan bisa mengantar ketika kontrol dokter. Untuk menemani pasien Rp 20 ribu per jam,” katanya.

Sahono mengatakan kekuatan layanan ojolnya adalah karena kesederhanaannya, karena hanya dengan pesan melalui Whatsapp, konsumen bisa memesan apa saja. (deb/jan)