Keyword Method Tingkatkan Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia Siswa SD

 Ryan Kurniawan, S.Pd

JATENGPOS.CO.ID,  – Kosakata mempunyai peranan yang penting terhadap kemampuan berbahasa seseorang. Kosakata berfungsi untuk membuat kalimat dan mengutarakan isi, pikiran, gagasan, dan perasaan dengan baik secara lisan maupun secara tulisan.

Pada hakekatnya kosakata merupakan modal pokok dalam setiap kegiatan baik itu meliputi kegiatan dalam pergaulan maupun kegiatan dalam proses pembelajaran. Menurut Keraf (1996:65), Agar memudahkan dalam berkomunikasi dengan masyarakat lain, setiap orang perlu memperluas kosakatanya serta perlu menambah perbendaharaan kata dalam bahasanya.

Namun, kenyataan di lapangan khususnya di Sekolah Dasar, dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia ditemukan bahwa pembelajaran kosakata bahasa Indonesia belum memuaskan. Menurut para siswa, kosakata bahasa Indonesia baru merupakan hal yang menarik, tetapi kegiatan belajar kosakatanya menjenuhkan karena selama ini mereka sekedar menjadi pendengar dan pencatat saja, tidak ada kegiatan yang menuntut aktivitas siswa secara interaktif. Banyak siswa sekolah dasar cenderung belum menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Indonesia.

Strategi keyword method merupakan suatu strategi menghafal yang membantu para siswa untuk belajar informasi baru dengan menghubungkan kemudian mendapatkan informasi baru.

Menurut Tierney and Dishner (1990:283) salah satu strategi yang memberi banyak peluang untuk menggerakkan aktivitas dan interaksi siswa dalam rangka meningkatkan penguasaan kosakata adalah metode keyword method. Strategi ini merupakan suatu strategi menghafal yang membantu para siswa untuk belajar informasi baru dengan menghubungkan kata kunci dengan gambaran atau bayangan visual interaktif untuk kemudian dapat mengingatnya.

Pertama, para siswa harus mengkode ulang atau mengubah bentuk kata yang tidak dikenal ke dalam kata kunci yang lebih bermakna agar terlihat atau berbunyi seperti kata asli. Sebagai contohnya adalah kata jambangan,yang berarti dapat diminum. Kata jambangan dikode ulang ke dalam kata yang lebih umum yaitu tempat yang berisi air dinginyang berada di depan kita setelah kita menyeberang suatu padang pasir yang panas. Dengan menentukan pengkodean ulang dan menghubungkannya, para siswa kini mampu menggunakan kata kunci tersebut untuk mendapatkan kembali makna yang benar ketika mereka menemukan kata baru. Dengan kata lain, ketika melihat kata jembangan, para siswa akan diingatkan pada kata kuncinya yaitu air.

Siswa di sekolah dasar pada era globalisasi ini dihadapkan dengan teknologi yang semakin berkembang pesat serta pengaruh budaya asing. Guru sebaiknya dapat mencermati Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Bahasa Indonesia SD/MI serta disesuaikan dengan kondisi era globalisasi saat ini sehingga proses pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang masih belum dapat terlaksana dengan baik dapat segera dibenahi untuk ketercapaian SKL serta tujuan pembelajaran.

Strategi yang selama ini digunakan guru adalah strategi ceramah dan tanya jawab. Metode tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid menjawab bahan materi yang diperolehnya. Metode ceramah (preaching method) adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa, yang pada umumnya mengkuti secara pasif.

Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk penyampaian informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan buku dan alat bantu peraga. Metode ini bersifat terpusat, sehingga menghasilkan komunikasi yang searah, yaitu proses penyampaian informasi dari pengajar kepada peserta didik, sementara proses belajar yang baik adalah adanya interaksi dalam melakukan suatu kegiatan, sehingga terjadi proses belajar yang efektif dan menyenangkan, serta tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Akan tetapi usaha itu semua masih kurang maksimal.

Solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran di atas perlu adanya inovasi pembelajaran, yang dalam hal ini akan dilakukan dengan menerapkan strategi keyword method. Diharapkan dengan pemakaian strategi keyword method siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang kosakata sehingga guru harus memahami strategi tersebut.

 

Oleh.  Ryan Kurniawan, S.Pd

Mahasiswa  PPG Prajabatan UAD Tahun 2022