Beranda Jateng KKN di Desa Sendiri

KKN di Desa Sendiri

Mahasiswa KKN UNDIP Gerakkan Warga untuk Cegah Corona

66
Suasana sosialisasi mengenai COVID-19, cara mencuci tangan, penerapan protokol kesehatan di Dukuh Jantran, Desa Girimargo, Miri, Sragen, Kamis(30/07/2020).

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro TIM II tahun 2019/2010 di Desa Girimargo, Kecamatan Miri menggerakkan warga sekitar untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Rangkaian kegiatan KKN dilakukan mulai tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020 mendatang. Tema KKN yang diangkat adalah mengenai “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Mahasiswa KKN UNDIP asal Sragen, Aprilia Dwi Lestari dan Uswatun Hasanah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Dukuh Jantran, Desa Girimargo untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai corona, cara mencuci tangan yang benar, dan penerapan protokol kesehatan di Musholla serta tempat umum dengan harapan dapat mencegah penyebaran virus ini.

“Selain sosialisasi mengenai covid, program pertama saya adalah membuat foot operated water tap dari barang bekas, alat sederhana ini merupakan tempat cuci tangan dari barang bekas dengan sistem injak sehingga bisa meminimalisir penyebaran virus melalui kran, alat dan bahan untuk membuat alat sederhana ini juga mudah ditemukan di gudang rumah masing-masing, saya sudah mengunggah video tutorial pembuatan alat iniyoutube. Lalu untuk program kedua saya adalah sosialisasi mengenai implementasi 5R dan K3 pada UMKM bengkel las, pada kegiatan ini saya memberikan poster, modul, face shield, sarung tangan, dan masker untuk pemilik UMKM tersebut,”tutur Aprilia.

https://youtu.be/BJoEAiOduI8

Sedangkan Uswatun mengatakan jika masyarakat desa belum menerapkan protokol kesehatan di tempat ibadah sehingga salah satu program kerja yang dilaksanakan yakni Sosialisasi Penerapan protokol Kesehatan di Tempat Ibadah. Selain itu, masyarakat desa cenderung mudah termakan berita yang belum tentu kebenarannya terutama disaat pandemi, sehingga dilaksanakan pelatihan pembuatan Infografis kepada muda-mudi anggota karangtaruna Dukuh Jantran.

“Penerapan Protokol Kesehatan terutama di Tempat Ibadah penting dilakukan mengingat pelaksanaan Sholat Idul Adha ditengah pandemi COVID-19. Harapannya dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, terlaksananya Ibadah Sholat Idul Adha tidak menambah kasus persebaran COVID-19 di lingkungan Desa Girimargo. Sedangkan Program Pelatihan Pembuatan Infografis bertujuan untuk melatih masyarakat terutama kalangan muda tentang pembuatan infografis atau penyajian data yang catchy serta pentingnya data di masa sekarang, terutama kasus banyaknya hoax yang berkembang di masyarakat,” jelas Uswatun.

Menurut Dosen Pembimbing KKN, Muhammad Zulfa Alfaruqy, pelaksanaan program kerja mahasiswa sudah berjalan dengan baik karena didasari oleh survey potensi daerah terlebih dahulu.

Kegiatan KKN di desa sendiri ini sangat didukung oleh pemerintah desa terkait, karena dengan adanya KKN UNDIP diharapkan potensi daerah yang ada di Desa Girimargo dapat semakin berkembang.(biz/dra)