Kolaborasi BUMN Jasa Raharja, Jasindo, Jamkrindo, Askrindo dan IFG Serahkan Bantuan Pemulihan Ekonomi Warga Solo

BANTUAN : Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menerima bantuan “Solo Lestari UKM Berseri” dari Jasa Raharja dan BUMN. Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang, kepada Walikota Surakarta di Ruang Rapat Walikota, Rabu (15/6). Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – PT Jasa Raharja bersama Jasindo, Jamkrindo, Askrindo dan IFG, menyerahkan bantuan program tanggungjawab sosial dan lingkungan untuk warga Kota Surakarta. Bantuan “Solo Lestari UKM Berseri” berupa tes narkoba sebanyak 400 sampel untuk pengemudi BTS, 2300 batang tanaman hias dan pohon peneduh, juga 30 unit gerobak PKL, dengan total bantuan sebesar Rp 220.527.450.

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan perwakilan BUMN yang terlibat kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balaikota Surakarta, Rabu (15/6/2022).

Nampak sejumlah pejabat BUMN terkait hadir mewakili, yakni Rizal Ariansyah (Direktur Keuangan & SDM BPUI), Munadi Herlambang (Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja), Kun Wahyu Wardana (Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko Askrindo), Bayu Rafisukmawan (Direktur Keuangan & Investasi Jasindo). Bambang Isworo – Direktur Utama Jasaraharja Putera, Fahrudin (Penata Kelola Perusahaan Muda BUMN) dan Loesdarwanto (Pinwil V Jamkrindo).

“Ini bantuan yang kesekian untuk masyarakat Solo. Fokusnya masih pada pemasaran dan digital marketing UMKM. Tidak hanya untuk perajin batik, upaya pelestarian dan pemasaran secara digital, kami juga menyasar petani agar lebih memaksimalkan penjualan dengan merambah digital marketing,” kata Munadi Herlambang Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Rabu (15/6/2022) usai penyerahan bantuan.

Munadi berharap tiga jenis bantuan tersebut bisa digunakan sebaik baiknya, seperti bantuan pohon sebagai penghijauan dan pelestarian alam. Bantuan gerobak PKL untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

“Sedangkan untuk tes narkoba, khususnya bagi sopir bus BTS. Kegiatan ini merupakan aksi rutin, juga sebagai salah uyapa pencegahan laka lantas,” imbuh Munadi.

Munadi juga menyampaikan pesan Walikota mengenai pengoptimalan digital marketing untuk memajukan perekonomian warga, khususnya UMKM kota Solo.

“Rencana nanti kita juga akan buka showroom UMKM di terminal Tirtonadi Solo. Semula akan kami buat di jembatan penghubung, tapi oleh Mas Walikota akan disediakan tempat di lantai 1,” imbuh Munadi.

Walikota Surakarta memberikan apresiasi bahwa CSR ini dapat membantu masyarakat khususnya bidang transportasi dan bagi pedagang yang membutuhkan gerobak PKL.

“Harapannya semoga bantuan ini dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi. Tes narkoba sudah dijalankan beberapa bulan lalu untuk sopir BST dan feeder,” jelasnya.

Walikota juga berharap yang menerima gerobak dapat membantu usahanya dan mendukung pemulihan ekonomi. Ia juga berharap bantuan tanaman dapat mendukung penghijauan di Kota Solo.(dea/bis)