Beranda Jateng Komisi D DPRD Jateng Dorong Pemanfaatan Energi Terbarukan Bertenaga Uap

Komisi D DPRD Jateng Dorong Pemanfaatan Energi Terbarukan Bertenaga Uap

280
INJAU PEMBANGKIT : Jajaran Komisi D meninjau PLTU Pangkalan Susu di Langkat, Sumatera Utara. Foto : Dokumen Humas DPRD Jateng

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Komisi D terus mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan untuk masyarakat Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso dalam kunjungannya ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu di Langkat, Sumatera Utara, Kamis (15/3).

Hadi menjelaskan, pemanfaatan energi tenaga uap sebenarnya sudah ada di beberapa tempat di Jawa Tengah. Salah satunya PLTU di Cilacap yang memiliki kapasitas 660 MegaWatt yang dapat membantu menambah pasokan listrik untuk Jawa dan Bali.
“Pembangunan PLTU itu juga dapat membantu menambah jaringan baru hingga pelosok desa, namun masih ada kendala yang kami hadapi terkait aspek pemanfaatan dan kendala sosial masyarakat,” kata politikus PKS itu.
Sementara itu, anggota Komisi D Jateng Samirun memuji pemerintah untuk menyediakan cadangan listrik hingga 15 persen setelah mengalami defisit energi listrik pada 2013-2014 silam.
“Memang Kapasitas PLTU di berbagai wilayah di Jawa Tengah sudah cukup besar dan mampu menambah jaringan listrik rumah tangga dan industri kecil di pelosok desa. Namun, cadangan energi listrik juga sangat diperlukan seperti di Sumatera Utara ini,” kata dia.
Menanggapi, Pengelola PLTU Pangkalan Susu Choirul Shaleh menjelaskan secara umum cadangan listik di Sumatera Utara tidak banyak, hanya 100 Mega Watt. Cadangan itu akan sangat retan kurang jika pembangkit listrik mengalami gangguan atau saat pemeliharaan. Melakukan kajian analisis kebutuhan itu juga sangat penting dalam perencanaan umum pembangunan PLTU.
“Partisipasi masyarakat dan kepentingan masyarakat juga menjadi perhatian kita di sekitar pembangkit listrik, karena ini dibangun juga untuk kepentingan masyarakat secara keselurahan,” kata dia. (adv/udi)