JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Menerapkan dan menjalankan berbagai tahapan protokol kesehatan (protkes) masa pandemi covid-19, sudah menjadi kebiasan dalam tatanan pola hidup baru khususnya untuk pelaku usaha semua segmen.
Seperti yang dilakukan oleh manajemen Aston Inn Pandanaran Semarang. Tahapan protkes sudah tidak lagi menjadi penghalang untuk mengembangkan bisnis penginapan berkelas, yang menjadi bagian dari industri pariwisata.
Bahkan, dengan konsistensi dan semangat SDM yang terbangun baik dan profesional. Aston Inn Pandanaran, mampu menjalankan tatanan hidup baru dengan meningkatkan pendapatan hotel khususnya nilai tingkat hunian (okupansi).
Ibnoe Ichwan Chambali, General Manager Aston Inn Pandanaran Semarang, mengatakan, keberhasilan pengembangan bisnis penginapan yang dipimpinya tak lepas dari peran semua SDM dari berbagai Devisi.
“Penerapan protkes sejak terjadinya pandemi dibulan maret dan terus bersabar hingga terjadi penurunan omset secara drastis dibulan April lalu. Kami, tetap bersabar dan bersemangat menghadapi itu semua,”ujarnya, Senin (24/8), kepada Jateng Pos.
Dengan semangat positif yang terbangun disemua SDM. Aston Inn Pandanaran, mampu berjalan dengan baik meningkatkan gairah kembali nilai hunian mulai bulan Mei 2020 hingga sekarang.
“April anjlok hingga 30 persen dan starting pengembangan okupansi kita mulai dibulan Mei. Grafiknya pun semakin naik hingga 50 persen bahkan 90 persen dihari libur Nasional, dari kapasitas 151 kamar yang tersedia. Hal ini berkat kesebaran dan semangat SDM kami serta dukungan owner dan coorporate,” terang Ibnoe Ichwan Chambali.
Dengan meningkatnya grafik okupansi yang diimbangi kegiatan MICE meski dalam keterbatasan kegiatan. Aston Inn Pandanaran optimis bisnis hospitality mampu bangkit dan berkembang semasa sebelum pandemi.
“Tentunya, semangat untuk bangkit kembali adalah sesuatu yang wajar untuk pengembangan bisnis penginapan. Tidak perlu berbangga diri atas peningkatan tersebut, semua lini Devisi SDM harus tetap konsisten kompak dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan dan tamu berkunjung,” tegasnya.
Berbekal tiga hal yang menjadi dasar komitmen semua SDM yakni, pembentukan karakter positif, kepercayaan diri serta tanggung jawab Aston Inn Pandanaran kedepan berharap semakin mampu melewati pandemi ini dengam tetap menjalankan tatanan hidup baru dengan baik. (ucl/muz)