“Kopi Bumi Arjuna” Raih 68 Venue Terbaik Berskala Nasional

Food Startup Indonesia 2022

Terbaik : Sandy Siswanto (Co-Founder Bumi Arjuna), Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Kemenparekraf), Maria Helena Heru (CEO & Founder Bumi Arjuna), foto bersama usai mendapatkan anugerah Food Startup Indonesia 2022. FOTO : DOK/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG –  Kota Semarang sepatutnya turut berbangga, atas raihan prestasi yang di cetak oleh salah satu stakeholder (pengelola) industri pariwisata bidang kulinari yang mampu unjuk gigi dalam wadah ” Food Startup Indonesia 2022 ” sebuah kegiatan guna membangun UMKM maju berkembang oleh Kemenparekraf RI.

Ya, Kopi Bumi Arjuna yang terletak di Jalan Arjuna No 187 Semarang, merupakan penyaji tempat kuliner dan minuman seduhan Kopi khas Nusantara, mampu bersaing di kancah event berskala Nasional dalam dua kategori food manufacturing dan food service besutan Kemenparekraf RI.

Sejak tahun 2016 hingga kini peserta event Food Startup Indonesia yang mampu menjaring 25.000 peserta bidang kulinari di seluruh Indonesia. Keikutsertaan Kopi Bumi Arjuna Semarang, mampu bersaing dari seluruh peserta menjadi yang terbaik dari 25.000 peserta di tahun 2022 ini terjaring 1000 peserta dan Bumi Arjuna masuk ke dalam 68 peserta terbaik di tahun 2022 ini.

“Tentunya prestasi ini menjadi kebanggaan kami brand Kopi Bumi Arjuna yang merupakan produk venue penyajian asli Semarang. Prestasi ini, kami menjadi wakil satu – satunya di Jawa Tengah untuk menjadi brand kopi (food service) yang menjadi bagian dari 68 terbaik dalam skala Nasional”, ujar Maria Helena Heru, Pemilik Kopi Bumi Arjuna Semarang.

Tidak semudah membalikan tangan, mendapat pengakuan dari Kemenparekraf RI di dua kategori tersebut, dilalui Kopi Bumi Arjuna dalam berbagai tahapan penilaian.

“Masuk dalam 68 terbaik di bidang olah bahan pertanian berupa biji kopi asli Temanggung jenis robusta dan arabica. Kopi Bumi Arjuna harus melalui berbagai tahapan penilain yakni, People (penilain hubungan jaringan saling dari petani hingga SDM), Profit ( keuntungan global saling menguntungkan) dan Planet (ramah lingkungan). Dari tahapan penilain tersebut Kopi Bumi Arjuna berhasil menjadi salah satu terbaik skala Nasional”, terang Maria Helena Heru.

Kegiatan penganugrahan dan pemberian sertifikat Food Startup Indonesia 2022 yang dihelat di Nusa Dua Bali, belum lama ini. Kopi Bumi Arjuna Semarang, benar – benar mampu menjadi inspirasi dan mengharumkan nama Semarang dan Jawa Tengah dalam skala Nasional, sebagai venue kulinari yang mampu mengembangkan potensi lokal melalui olahan biji kopi daerah.

“Beda dengan kopi lain, nama Bumi Arjuna terinspirasi dari tokoh Pandawa dari seni dan budaya wayang Jawa. Salah satu produk signature kami adalah kopi lanang (mix biji khusus yang bisa menjaga kesehatan kebugaran tubuh). Atas prestasi berskala Nasional ini, kami terus mengembangkan produk lokal khususnya olahan minunam biji kopi daerah bisa semakin mendunia”, tutup Maria Helena Heru. (biz/ucl)