Kreator Lokal Tokopedia Bantu Lawan Corona

Salurkan Bantuan : Tokopedia bersama Herborist tengah menyalurkan bantuan lawan corona kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Foto : DOK/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifi kan. Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan belanja online memang dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal, contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online.

“Para kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia, seperti dr soap dan Herborist, ternyata berperan aktif melawan COVID-19. Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi ini,“ ujarnya, belum lama ini. Sejak tahun 2015, Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie — dua perempuan bersaudara sekaligus founder dr soap asal Surabaya tersebut, selalu berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri.

Melalui dr soap, Eunike dan Stefanie memperkenalkan rangkaian produk antiseptik untuk perawatan harian dan kebutuhan rumah tangga yang mampu membantu mengeliminasi bakteri. Varian produk dr soap meliputi cairan pembersih gadget, sanitizer pembersih dudukan toilet, cairan antibakteri penyegar kain, cairan antiseptik, disinfektan multifungsi, deterjen cair premium dan sabun cuci tangan.

“Produk dr soap terbuat dari bahan nabati yang diracik dengan bahan premium pilihan di laboratorium, ramah lingkungan dan dikemas secara menarik. Setiap produk dr soap aman untuk digunakan oleh siapapun, termasuk ibu hamil atau orang dengan kulit sensitif. Produk kami juga sudah bersertifi kasi halal, tidak mengandung SLS, NLS, EDTA dan paraben serta memiliki nomor Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Kementerian Kesehatan RI,” terang Uenike.

 Menanggapi isu kesehatanCOVID-19 yang saat ini terjadi, Eunike melihat penjualan produk dr soap melonjak kini tengah melonjak tajam.

“Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” pungkasnya.

 Di sisi lain, guna memberi pelayanan bahan dan alat kesehatan, dr soap juga berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan dan organisasi perkumpulan dokter, untuk menyalurkan bantuan berupa produk hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat luas yang membutuhkan. (biz/ucl/sgt)