KUD Siap Didirikan Kembali

Ahmad Kurnia, Plt. Kepala Diskop dan UMKM Pati. FOTO: MELANDY KURNIA PUTRA/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, PATI – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati segera mengumpulkan semua pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di masing-masing kecamatan, untuk mendukung pembentukan Koperasi Unit Desa (KUD). Dengan hadirnya kembali KUD, diharapkan menjadi wadah untuk pengembangan usaha mereka.

“Kita berencana menata ulang pengembangan UMKM di Pati. Sebab dari kuantitasnya yakni sebanyak 1.180 unit, tentu membutuhkan pembinaan dan pegembangan yang mumpuni,” ungkap Plt. Kepala Diskop dan UMKM Pati, Ahmad Kurnia.

Meski selama ini keberadaan UMKM sudah berkembang dengan ditopang dana pinjaman dari pemerintah berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR), kata Ahmad, namun praktiknya masih banyak usaha yang belum memanfaatkan kesempatan tersebut.

Kalaupun KUR dimanfaatkan para UMKM, imbuh Ahmad, namun laporan pengembangan usaha selama ini belum ada sama sekali.

“Kalau kita ingin melihat perkembangan usaha, tentunya harus ada laporan dari masing-masing UMKM. Dari situ nanti kita bisa melihat, mana yang sudah maju dan mana yang masih terbelakang,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pendirian KUD, Ahmad berencana akan menjadikan UMKM di Kecamatan Gembong dan Kecamatan Margorejo sebagai proyek awal pengembangan.

Menurut Ahmad, secara perlahan kecamatan lain juga menjadi sasaran selanjutnya. Tidak hanya unit usaha simpan pinjam yang ditangani, namun KUD bisa mengembangkan banyak usaha lainnya.

“Semua unit usaha yang tergabung dalam KUD nanti, harus bisa bekerjasama saling membantu mengembangkan usaha,” tandasnya.(mel/rif)