Beranda Jateng Kunjungi Panti Asuhan, KAMAP Sosialisasi Cegah Covid 19 kepada Anak-anak

Kunjungi Panti Asuhan, KAMAP Sosialisasi Cegah Covid 19 kepada Anak-anak

29
Keluarga Alumni Magister Administrasi Publik (KAMAP) Undip saat menyerahkan bantuan kepada Panti Sosial Asuhan Anak Nurul Mursyid, Mangunharjo, Selasa (04/08/2020).

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pemahaman tentang pandemi harus disampaikan kepada semua kalangan dan semua usia. Caranya adalah dengan memancing pengetahuan mereka tentang pandemi dengan lontaran pertanyaan. Sebagaimana pertanyaan Ketua Keluarga Alumni Magister Administrasi Publik (KAMAP) Undip Abdul Kadir Karding kepada santri di Panti Sosial Asuhan Anak Nurul Mursyid, Mangunharjo, Tembalang, Selasa (4/8/2020) sore.

“Siapa yang tahu apa arti pandemi,” tanya almuni MAP tersebut, sembari menyebutkan hadiah uang yang bakal diserahkan kepada santri yang dapat menjawab dengan benar.

Seorang santriwati yang kini duduk di kelas VIII pun memberikan jawaban yang tepat. “Penyakit yang dialami orang banyak dalam waktu yang lama,” jawabnya malu-malu.

Pertanyaan lain dilontarkan Kadir, demikian sapaan politisi PKB tersebut, kepada deretan santri yang usianya lebih belia. Dua santriwati pun maju ke depan. Sambil tersipu malu, masing-masing menyebutkan cita- cita menjadi dokter dan suster.

“Apa yang harus disiapkan untuk menghindari corona?” tanya Kadir.

“Pakai masker, cuci tangan,” tukas Alya dan Naura, yang merupakan siswi kelas 1 madrasah ibtidaiyah tersebut.

Ketua KAMAP menyampaikan pertanyaan tentang Covid 19.

Keakraban para alumni tersebut dikemas melalui kegiatan KAMAP Peduli sebagai bentuk aksi bakti sosial kepada masyarakat kurang beruntung di masa pandemi Covid 19.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Departemen MAP Undip Dr Tri Yuningsih, Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat serta sejumlah alumni yang aktif dalam aksi peduli tersebut. KAMAP menyerahkan bantuan sembako dan uang kepada pondok yang memiliki 45 asuhan anak tersebut.

Ketua Panti Sosial Asuhan Anak Nurul Mursyid Ngadiono mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang dilakukan KAMAP. Dia mengatakan jika anak asuhan Nurul Mursyid sangat memperhatikan pendidikan akademis.  Sejumlah anak asuhan setempat bahkan telah menempuh pendidikan pasca sarjana. “Ada yang sedang menunggu jadwal ke Eropa untuk menempuh bea siswa pendidikan,” tukasnya bangga.

Pada kesempatan yang sama, Tri Yuningsih menyampaikan jika Undip sangat mendukung kegiatan alumni sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat setelah mereka menempuh ilmu di dunia akademik. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni kepada masyarakat yang juga merasakan dampak akibat pandemi Covid 19,” ujarnya.