La Roja Incar Juara Grup

Spanyol vs Swiss Minggu (25/09/2022) pukul 01:45 WIB Live streaming Mola TV

JATENGPOS.CO.ID,  SEVILLA – Timnas Spanyol akan menjamu timnas Swiss dalam lanjutan UEFA Nations League 2022/2023 matchday 5 Liga A Grup 2 di Stadio Benito Villamarin, Minggu (25/09/2022) dinihari pukul 01.45 WIB, disiarkan secara live streaming Mola TV.

Timnas Spanyol saat ini memimpin klasemen Grup 2 Liga A UNL 2022/2023 dengan mengumpulkan 8 poin dari 4 laga. La Furia Roja berpeluang lolos ke babak semifinal, terlebih jika mampu mengalahkan Swiss di laga ke-5 nanti.

Di sisi lain, Swiss menempati urutan juru kunci Grup 2 Liga A UNL 2022/2023. Kendati begitu, kemenangan 1-0 atas Portugal di laga terakhir membuat skuad asuhan Murat Yakin lebih percaya diri sekaligus menjadi tanda bahaya bagi Spanyol.

Apalagi dari rekor head to head (H2H) kedua tim, Swiss selalu menjadi lawan yang sulit dikalahkan oleh Spanyol. Meskipun tidak pernah menang dalam 5 laga melawan La Furia Roja, tetapi Swiss tidak pernah kebobolan lebih dari 1 gol.

Spanyol sementara ini memimpin Grup 2 dengan perolehan delapan poin. Di bawah Spanyol, ada Portugal dengan tujuh poin, Ceko dengan empat poin, dan Swiss dengan tiga poin.

Namun, dengan dua matchday tersisa, La Furia Roja tetap harus waspada. Sebab, melihat selisih poin yang ada, keempat tim masih sama-sama punya peluang untuk finis sebagai juara grup dan lolos ke putaran final.

Meski begitu, Spanyol layak menatap laga kontra Swiss di Zaragoza nanti dengan percaya diri. Sebab, Spanyol sudah menaklukkan Swiss di Jenewa pada matchday 3 lalu, di mana gol tunggal Pablo Sarabia memberi mereka kemenangan 1-0 sekaligus tambahan tiga poin.

Menang di kandang lawan, Spanyol tentu saja difavoritkan untuk menang di kandang sendiri. Jika menang, maka Spanyol akan memiliki 11 poin. Setelah itu, Spanyol bisa fokus untuk menjamu Portugal pada matchday terakhir, tiga hari berselang.

Meskipun memimpin klasemen sementara Grup 2 Liga A UNL 2022/2023 dan belum terkalahkan, tetapi Spanyol memiliki masalah di lini depan. Dari 6 gol yang sudah mereka ciptakan, hanya 1 gol yang dicetak oleh striker yakni Alvaro Morata.

Oleh karena itu, Luis Enrique selau pelatih Spanyol diprediksi mencoba penyerang baru yakni penyerang Real Betis, Borja Iglesias. Pemain 29 tahun tersebut sudah mencetak 6 gol dalam 6 penampilan di LaLiga 2022/2023 bersama Real Betis dan membatu timnya bersaing di papan atas.

Dikutip dari akun twitter resmi Federasi Sepak Bola Spanyol, Borja Iglesias mengaku siap berkontribusi untuk tim nasional. Dia pun berpeluang menjalani debut saat La Furia Roja menjamu Swiss di Stadio Benita Villamarin.

“Saya sangat senang berada di tim nasional Spanyol. Saya telah berbicara dengan pelatih Luis Enrique dan mendengarkan idenya. Saya yakin dapat berkontribusi dan mencoba membantu (meraih kemenangan),” ujar Borja Inglesias.

Di sisi lain, Swiss yang ingin tetap bertahan di Liga A UNL edisi berikutnya mengincar 3 poin untuk menjaga asa mereka. Meski laga penentuan bakal terjadi saat menghadapi Republik Ceko di laga terakhir, hasil laga kontra Spanyol bakal memengaruhi kepercayaan diri mereka.

Pelatih Swiss, Murat Yakin, meminta skuad asuhannya untuk menunjukkan daya juar yang tinggi. Terlebih tim yang dibawa dalam laga kontra Spanyol dan Republik Ceko merupakan gambaran untuk Piala Dunia 2022.

“Kami benar-benar ingin bertahan di Liga A. Setiap pemain yang bergabung di tim nasional ingin tampil di Piala Dunia. Mereka harus menunjukkan kualitas, dan kami akan menghadapi dua pertandingan dengan motivasi yang tinggi,” tutur Murat Yakin.

Dari rekor head to head (H2H), Spanyol mencatat 3 kemenangan dan belum pernah kalah melawan Swiss. Meski begitu, La Furia Roja selalu kesulitan mencetak gol saat menghadapi Swiss dan tidak pernah mencetak lebih dari 1 gol.

Spanyol dan Swiss diprediksi bermain dengan formasi sama yakni 4-3-3. Akan tetapi, tim tuan rumah bakal lebih menguasai jalannya permainan dengan penguasaan bola yang lebih dominan.

Luis Enrique diperkirakan memasang Dani Olmo, Ferran Torres, serta Borja Iglesias, sebagai trio di lini depan Spanyol. Mereka diharapkan mampu merepotkan pertahanan Swiss, sekaligus mencetak banyak gol.

Di sisi lain, Swiss asuhan Murat Yakin diperkirakan bermain lebih bertahan. Mereka bakal mengandalkan serangan balik cepat melalui Xherdan Shaqiri, Noah Okafor, dan Breel Embolo, untuk membobol gawang Spanyol. Prediksi skor Spanyol 1 – 0 Swiss. (ito/riz)