Laga Tanpa Penonton

JATENGPOS.CO.ID,  SLEMAN – Persis Solo akan menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Kamis (19/01/2023) petang pukul 18:30 WIB, disiarkan live streaming Vidio.com. Persis Solo tak bisa didukung suporternya saat menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ke-19 Liga 1 2022/2023.

Persis sengaja memilih Maguwoharjo sebagai markas pengganti ketika Stadion Manahan dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Stadion ini sangat dekat hingga memungkinkan pendukungnya datang dalam jumlah besar.

Namun, situasi yang terjadi justru berbeda. Dalam rapat koordinasi di Mapolda DIY, Senin (16/1), diputuskan bahwa laga ini berjalan tanpa penonton dengan berbagai pertimbangan.

Persis Solo sebenarnya ingin suporter setianya mendampingi dalam laga kandang di Maguwoharjo. Sudah lama Alexis Messidoro dkk. tak bermain dihadapan ribuan pendukungnya.

“Besar harapan kami sebenarnya pertandingan dihadiri oleh suporter, karena berpengaruh di mental dan psikologis pemain,” kata manajer Persis Solo, Erwin Widianto.

Persis tidak diuntungkan walau punya status tuan rumah. Sebab, Persis harus menjadi ‘pengungsi’ di Sleman. Selain itu, laga Persis vs Persija juga tidak bisa dihadiri penonton karena terkendala izin keamanan.

Persis tidak pernah kalah pada tiga laga terakhir, dua kali imbang dan sekali menang. Pada laga pekan ke-18 lalu, Laskar Sambernyawa bermain imbang 1-1 lawan Dewa United. Persis kebobolan pada menit ke-83.

Berbeda dengan Persis, Persija memainkan laga yang hebat pada pekan ke-18. Sempat tertinggal 2-1, Macan Kemayoran mencetak gol pada masa injury time. Bukan satu gol, akan tetapi dua. Persija menang dengan skor 3-2.

Pada putaran pertama lalu, Persija menang dengan skor 2-1 atas Persis Solo. Macan Kemayoran mencetak gol lewat aksi Hanno Behrens dan Frenky Missa. Sedangkan, gol balasan Persis dicetak sang ‘wonderkid’ Samsul Arif Munip.

Performa Persis masih jauh dari kata konsisten. Namun, ada sisi positif dari Persis yakni pertahanan yang cukup bagus. Pada lima laga terakhir di BRI Liga 1, mereka dua kali nirbobol dan hanya kebobolan empat gol.

Berbeda dengan Persis, Persija tak pernah nirbobol pada lima laga terakhir. Namun, dengan kembalinya Hansamu Yama, Thomas Doll perlahan bisa memperbaiki situasi. Persija punya materi pemain yang bagus di lini belakang.

Laskar Sambernyawa kini tengah berusaha memperbaiki posisi mereka di klasemen setelah saat ini berada di peringkat ke-12 dengan torehan 20 poin dari 18 pertandingan. Jika menang atas Persija, Persis berpotensi meroket hingga posisi 9 atau menggusur PSIS Semarang, yang baru mengoleksi 23 poin.

Kalau Persis menang, nilai mereka adalah 23, dan dengan selisih gol saat ini, +2, maka mereka bisa menggusur PSIS Semarang yang memiliki selisih gol -3.

Pelatih Persis Leonardo Medina mengatakan timnya akan berusaha tampil lebih baik dibandingkan saat bermain imbang 1-1 dengan Dewa United di pertandingan sebelumnya.
Medina menilai, hasil melawan Dewa United dijadikannya pelajaran berharga, sebab meski mampu mencuri poin di Stadion Indomilk Arena, namun secara permainan ia sangat tidak puas.

Makanya, berdasarkan hasil evaluasi pertandingan melawan Dewa United, pihaknya langsung berbenah dan mengasah posisi-posisi yang lemah. Harapannya tentu saat melawan Persija bisa tampil lebih baik, sehingga mampu meraih kemenangan. Prediksi skor Persis Solo 2 – 1 Persija Jakarta. (bol/riz)

Prediksi Pemain
Persis Solo (4-3-3) : M. Riyandi; Gavin Kwan, Fabiano Beltrame, Jaimerson, Abduh Lestaluhu; Sutanto, Kanu Helmiawan, Ryo Matsumura; Alfath Fathier, Fernando Rodriguez, Samsul Arif. Pelatin : Leonardo Medina.
Persija Jakarta (3-5-2) : Andritany Ardhiyasa; Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Muhammad Ferarri; Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Resky Fandi, Hanno Behrens, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Michael Krmencik. Pelatih : Thomas Doll.