Larwasda Upaya Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Pelaksanaan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) diharapkan dapat mendukung pemerintahan yang bersih.

Hal itu bisa terwujud dengan adanya profesionalisme aparat pengawas internal pemerintah (APIP). Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengatakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati H Basari saat membuka Larwasda di Abimantrana Ballroom, The Wujil, Bergas, Rabu (23/11/2022).

Ditegaskan oleh Bupati, Larwasda menjadi momen penting dan evaluasi tindak lanjut hasil pemeriksaan rutin Inspektorat terhadap pelaksanaan program pembangunan di tiap OPD.

“Para pimpinan perangkat daerah dan kepala desa diharapkan segera menindaklanjuti temuan laporan hasil pemeriksaan sesuai PP Nomor 12 tahun 2017,” tegas Bupati.

Inspektur Kabupaten Semarang Sunarto melaporkan sepanjang tahun 2022 telah dilaksanakan 151 pemeriksaan dan 26 pemeriksaan tujuan tertentu. Dari kegiatan itu telah dilakukan pengembalian dana ke kas negara sebesar Rp80.564.565,oo dan ke kas daerah Rp4,974 juta.

Pada kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada tiga pemerintah desa dengan kinerja tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Ketiganya adalah Desa Pucung Kecamatan Bancak, Desa Jombor (Tuntang) dan Desa Sendang (Bringin). Sedangkan tiga OPD yang memiliki nilai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) adalah BKPSDM, Dishub dan Barenlitbangda. (muz)