Beranda Hiburan LDII Bentuk Pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara

LDII Bentuk Pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara

1884
Dewan Pimpian Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia LDII menggelar Workshop Pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara. jatengpos.co.id/intan

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar Workshop Pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta adanya keterlibatan pramuka dalam menangkal informasi hoaks, ujaran kebencian hingga radikalisme yang marak di media sosial.

“Saat ini dunia medsos kita sadis, banyak orang mem-bully, saling bertengkar, saling ejek hingga menimbulkan perpecahan. Gerakam Pramuka harus hadir di dalamnya, menjadi pihak yang menyebarkan kebaikan, kedamaian untuk melawan hal negatif di medos itu,” tambahnya.

Untuk itu, gubernur ingin mendirikan Saka Millenial di Jawa Tengah. Saka itu nantinya diharapkan dapat menjadi garda terdepan untuk melawan hoaks, ujaran kebencian hingga radikalisme di media sosial.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jawa tengah, Prof Singgih Tri Sulistyono mengatakan, pembentukan pramuka Sako Sekawan Persada Nusantara merupakan komitmen LDII untuk ikut dalam upaya pembentukan karakter anak bangsa.

“Kami menilai gerakan pramuka sangat penting dan strategis untuk dijadikan wadah pembinaan generasi muda yang berakhlak, mandiri, berilmu dan berkomitmen. Untuk itu, LDII ingin membentuk gerakan pramuka ini,” ujarnya.

Gerakan pramuka, lanjut Singgih, merupakan gerakan khas Indonesia dan memiliki nilai sejarah tinggi. Gerakan itu lahir di Indonesia dari rasa nasionalisme para pahlawan terdahulu untuk menanamkan sikap patriotisme kepada generasi muda.

“Gerakan pramuka perlu dibangkitkan lagi melawan gerakan radikalisme, transnasionalisme dan upaya-upaya memecah belah bangsa,” tutupnya. (ita/drh)