Beranda Jateng Kedu Lebaran Hari Kedua, Harga Daging Ayam di Temanggung Masih Tinggi

Lebaran Hari Kedua, Harga Daging Ayam di Temanggung Masih Tinggi

11

JATENGPOS.CO.ID, TEMANGGUNG – Harga daging ayam potong di pasar tradisional di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Lebaran hari kedua, Jumat, masih bertahan tinggi Rp40.000 per kilogram.

“Harga ini masih sama dengan harga pada H-2 dan H-1 Lebaran Rp40.000 per kilogram,” kata pedagang ayam potong di Pasar Kliwon Temanggung Musabika.

Berdasarkan pantauan sebagian besar pedagang di Pasar Kliwon belum beraktivitas, hanya ada satu, dua pedagang yang sudah buka antara lain pedagang sayuran, daging sapi, dan daging ayam.

Musabika menuturkan puncak permintaan daging ayam potong pada H-2 dan H-1 Lebaran.

“Dalam dua hari tersebut kami memotong ayam sampai 2 ton per hari. Selain menjual sendiri di pasar, kami juga memasok ke sejumlah pedagang,” katanya.

Ia menyebutkan sebelum H-2 Lebaran harga daging ayam potong Rp35.000 per kilogram.

“Dalam satu hingga dua hari setelah Lebaran kemungkinan harga daging ayam masih bertahan, namun hari-hari selanjutnya biasanya harga akan kembali normal,” katanya.

Berbeda dengan daging ayam, harga daging sapi pada H-2 dan H-1 mencapai Rp125.000 per kilogram, pada Lebaran hari kedua ini sudah turun menjadi Rp120.000 per kilogram.

Pedagang daging sapi di Pasar Kliwon Endang menuturkan harga daging sapi telah turun Rp5.000 dari harga menjelang Lebaran khususnya pada H-2 dan H-1.

“Pada hari kedua Lebaran ini pembeli lebih banyak dari pelanggan, khusunya pedagang bakso, kalau dari konsumen umum hanya satu, dua pembeli,” kata Endang.

Menurut dia dalam beberapa hari ke depan harga daging sapi akan kembali ke harga semula Rp115.000 per kilogram seiring normalnya aktivitas pedagang di pasar. (fid/ant)