Literasi Aktif Peserta didik Gunakan Aplikasi Google Sites

Rendahnya minat baca bagi peserta didik pada saat ini cukup membuat kita semua prihatin. Apalagi dua tahun ketika pandemi nyaris peserta didik kita tidak fokus dengan membaca, kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada pemberian tugas. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei dari The world’s Most Literate Nations (WMLN) study pada 2016 oleh Central Connecticut State University di Amerika bahwa tingkat literasi anak Indonesia peringkat 60 dari 61 negara. Begitu pula hasil survei dari Programme for Internasional Student Assesment (PISA) tahun 2018 yang diterbitkan pada Maret 2019 bahwa Indonesia peringkat 64 dari 72 negara. Hal ini dapat terlihat kurangnya minat baca dari anak-anak Indonesia.

Rendahnya minat membaca peserta didik akan berdampak juga rendahnya kemampuan menulis peserta didik karena literasi menurut Rahadian Zainul (2016) literasi adalah kemampuan membaca, menulis, dan menggunakan bahasa, angka, gambar, komputer, dan sarana dasar lainnya untuk memahami, berkomunikasi, memperoleh ilmu yang bermanfaat. Konsep literasi ini berkembang memasukkan keterampilan untuk mengakses pengetahuan melalui teknologi dan kemampuan untuk menilai konteks yang kompleks.

Kemampuan peserta didik di dalam melakukan literasi menggunakan buku bacaan manual kini mengalami perubahan bahan bacaan menjadi buku elektronik harus dapat disikapi oleh guru dalam mendorong minat membaca bagi peserta didik. Untuk itu dibutuhkan aplikasi yang mampu digunakan oleh peserta didik dalam melakukan kegiatan membaca tanpa batas waktu dan tempat.

Hal ini lah yang melatarbelakangi penulis menggunakan aplikasi google sites dalam meningkatkan semangat literasi peserta didik kelas VIII di SMPN 42 Jakarta. Aplikasi google sites yang merupakan aplikasi bawaan dari google yang dapat digunakan oleh kita dalam melakukan segala aktivitas pembelajaran dan literasi. Menurut Nurhayati (2020) Google sites adalah situs atau web yang berasal dari google yang digunakan untuk memudahkan pengajar dalam menyediakan sumber belajar yang dapat diakses dengan mudah oleh pengajar maupun peserta didik dengan memanfaatkan kemudahan navigasi, kemenarikan tampilan dan usability web atau situsnya. Web dalam pembelajaran dapat menyediakan sumber belajar dalam bentuk file elektronik yang diakses melalui fitur navigasi pada websitenya yang menyediakan kebutuhan belajar bagi peserta didik.

Dalam pelaksanaannya aplikasi google sites ini guru dapat memasukan berbagai buku elektronik dari berbagai jenis judul sehingga memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk membaca  berbagai jenis buku sesuai dengan yang diminati oleh peserta didik. Selain itu guru juga dapat memantau setiap peserta didik yang membaca melalui aplikasi ini dengan  menggabungkan  aplikasi google sites ini dengan aplikasi google form. Dimana peserta didik harus mengisi beberapa pertanyaan yang dibuat oleh guru.

Dan secara tidak langsung juga penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik baik itu membaca maupun menulis. Aplikasi google sites merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan literasi, di mana terdapat layanan website pribadi ataupun profesional yang tidak memungut biaya apa pun atau gratis, layanan  ini merupakan aplikasi bawaan google yang sangat mudah diakses oleh peserta didik maupun guru. Hal ini terbukti minat membaca peserta didik kelas VIII di SMPN 42 Jakarta selama dua pekan menggunakan aplikasi google sites ini telah diakses oleh 189 dari 240 peserta didik atau sekitar 79% dari jumlah peserta didik kelas VIII.

Oleh: Hery Setyawan, M.Pd.

Guru SMPN 42 Jakarta