Lobi DPR untuk Pemilihan Hakim MK, Arif Hidayat Dilaporkan Dewan Etik

Ketua MK Arief Hidayat.

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Koalisi Masyarakat Selamatkan Mahkamah Konstitusi melaporkan Ketua MK Arief Hidayat ke Dewan Etik Hakim Konstitusi dengan dugaan pelanggaran etik hakim konstitusi.

“Iya, benar, kami akan melaporkan yang bersangkutan ke Dewan Etik,” kata aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama Satrya Langkun di Jakarta, Rabu (6/12).

Tama menjelaskan bahwa ICW merupakan bagian dari Koalisi Masyarakat Selamatkan MK yang melaporkan Arief ke Dewan Etik Hakim Konstitusi.

Laporan itu terkait dengan adanya dugaan lobi-lobi Arief Hidayat kepada anggota DPR RI terkait dengan pemilihannya kembali sebagai hakim konstitusi perwakilan DPR RI pada saat uji kelayakan dan kepatutan dirinya sebagai hakim konstitusi di DPR.

Mengenai rencana pelaporan itui juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan bahwa laporan tersebut ditujukan kepada Dewan Etik Hakim Konstitusi sehingga MK sendiri tidak turut campur tangan terkait dengan laporan tersebut.

“Itu sepenuhnya merupakan kewenangan Dewan Etik,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar mengatakan bahwa MK akan mengikuti proses sesuai dengan tindak lanjut dari Dewan Etik terhadap laporan tersebut.

Ketua Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK) Achmad Roestandi mengatakan pihaknya tidak akan tinggal diam atas laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua MK Arief Hidayat.

“Kami tidak mau terburu-buru dalam menyikapi dugaan pelanggaran etik yang diduga dilakukan oleh Ketua MK, tapi kami juga tidak hanya diam,” kata Achmad di Gedung MK Jakarta, Rabu (6/12).

Achmad mengatakan pihaknya akan bertindak dan segera menentukan langkah selanjutnya seperti melakukan pemeriksaan terhadap Ketua MK pada Kamis (7/12) pagi.

Selain itu Achmad juga mengatakan pemeriksaan yang dilakukan Dewan Etik MK akan dilakukan secara objektif dan transparan.

“Besok kami akan bertemu dengan Ketua, tentu akan hati-hati tidak boleh gegabah karena ini merupakan langkah besar,” kata Achmad.(ant/udi)