Lusail Kuburan Tim Favorit

Brasil vs Serbia Jumat (25/11/2022) pukul 02:00 WIB Live SCTV, Vidio.com, Moji TV, Nex Parabola

JATENGPOS.CO.ID,  LUSAIL – Matchday pertama Grup G Piala Dunia 2022 antara Brasil versus Serbia akan berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Jumat (25/11/2022) dini hari pukul 02:00 WIB, disiarkan langsung SCTV, streaming Vidio.co, Moji TV dan Nex Parabola.

Baik Brasil maupun Serbia sama-sama mengejar hasil positif dalam lanjutan jadwal Piala Dunia 2022 demi merebut tiket lolos dari fase penyisihan Grup G.

Brasil tampil di Piala Dunia 2022 di bawah asuhan pelatih Tite. Skuad berjuluk Selecao saat ini menduduki ranking FIFA peringkat 1. Pada Piala Dunia tahun ini seluruh penggawa Selecao akan berjuang sebaik mungkin untuk menggapai hasil terbaik.

Di sisi lain, dalam Piala Dunia 2022 Timnas Serbia datang ke Qatar dengan rombongan skuad yang dipimpin pelatih Dragan Stojkovic. Timnas berjuluk Orlovi tersebut kini menduduki ranking FIFA peringkat 21. Berbekal sederet amunisi para pemain terbaiknya, Orlovi diharapkan bisa meraih hasil positif dalam pertandingan kali ini.

Yang dinantikan akhirnya tiba. Brasil akan memainkan laga pertamanya. Mereka sangat ditunggu aksinya. Sebab, Neymar dan kawan-kawan digadang-gadang sebagai favorit utama untuk meraih gelar juara di Qatar.

Untuk itu, mereka harus terlebih dahulu melalui ujian pertama yang bernama Serbia. Tim yang lolos dari kualifikasi sebagai juara di grupnya Portugal dengan skuad yang mayoritas dihuni pemain-pemain Serie A Italia ini bisa menjadi lawan yang berat.


Serbia adalah tim yang kuat. Namun, di atas kertas, Brasil adalah tim yang lebih kuat. Brasil pun difavoritkan bakal menang.

Akan tetapi, Brasil punya kecenderungan untuk sulit menang besar di laga pertama. Itu bisa dilihat dari beberapa edisi terakhir Piala Dunia.

Pada 2002, terakhir kali mereka jadi juara dunia, Brasil cuma menang 2-1 atas Turki di laga pertamanya. Pada 2006, Brasil cuma menang 1-0 atas Kroasia. Pada 2010, Brasil lagi-lagi menang tipis 2-1, padahal lawannya cuma Korea Utara.

Setelah menang besar, yakni 3-1 atas Kroasia, pada laga pertamanya ketika menjadi tuan rumah edisi 2014, Brasil kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Swiss di Rusia 2018 kemarin. Hasil seperti apakah yang akan mereka raih saat melawan Serbia nanti.

Pertandingan ini diprediksi bakal berjalan seru dan menarik. Pasalnya, kedua tim sama-sama sedang on fire alias dalam performa yang apik.

Dari lima pertandingan terakhir, Timnas Brasil berhasil menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Mereka sukses menorehkan 18 gol dan hanya kebobolan tiga gol saja.

Begitu pula dengan Orlovi -julukan Timnas Serbia- yang tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir. Mereka meraih empat kali kemenangan dan satu kali imbang. Serbia pun tak kalah produktif dengan mencatatkan 14 gol dan cuma kejebolan enam gol saja.

Kendati demikian, di atas kertas, Brasil didukung oleh rekor kemenangan yang apik saat melawan Serbia. Tim besutan Tite itu sukses meraih dua hasil positif dari dua pertemuan melawan wakil Eropa itu.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada Juni 2014 dalam sebuah laga persahabatan. Hasilnya, Tim Samba menang dengan skor tipis 1-0.

Kemudian, pada fase grup Piala Dunia 2018, keduanya juga pernah bersua. Lagi-lagi Neymar Jr dan kolega berhasil membawa pulang poin penuh dengan skor 2-0.

Dari segi kualitas tim, Brasil bisa dibilang jauh lebih baik dibanding Serbia. Mereka punya skuad yang apik dengan kualitas yang merata dari mulai penjaga gawang, lini belakang, lini tengah, dan lini depan.

Pemain-pemain seperti Neymar, Gabriel Jesus, dan Bruno Guimares yang sedang on fire di klub mereka masing-masing. Tentunya, mereka akan menjadi andalan di lini depan wakil Amerika Selatan itu.

Di lini belakang, Alisson Becker, Thiago Silva, dan Marquinhos tentu bakal membangun tembok yang sangat kukuh. Alhasil, Brasil akan sulit untuk ditembus Serbia.

Namun, Orlovi juga punya skuad yang cukup mentereng, terutama di lini serang, seperti Dusan Tadic, Dusan Vlahovic, dan Luka Jovic. Lalu, ada pula Sergej Milenkovic-Savic, yang bakal menjadi jenderal di lini tengah tim arahan Dragan Stojkovic itu.

Brasil jelas akan lebih diunggulkan untuk menang karena punya catatan yang apik melawan Serbia. Mereka juga didukung oleh kualitas pemain yang mumpuni.

Namun, sang lawan diprediksi tak akan mudah untuk dikalahkan karena juga sedang dalam performa yang apik. Mereka juga punya skuad yang tak kalah cemerlang dari Tim Samba.

Tite beralih sistem selama kualifikasi dan keputusannya untuk tidak memanggil Roberto Firmino membuka pintu untuk perubahan. Thiago Silva akan menjadi jangkar pertahanan dengan Casemiro, Neymar dan Lucas Paqueta juga kemungkinan akan menjadi starter di pertandingan pembukaan mereka.

Tidak seperti kebanyakan negara, Brasil tidak menghadapi masalah cedera serius menjelang pertandingan Piala Dunia pertama mereka.

Bruno Guimaraes dan Alex Telles telah berurusan dengan masalah kecil, tetapi kedua pemain diharapkan fit bersama anggota skuad lainnya.

Pelatih kepala Serbia Dragan Stojkovic terjebak dengan pemain inti yang solid selama perjalanan ke Qatar dan dia didorong oleh mayoritas bintang kuncinya bergabung dengan skuad.

Kekhawatiran besar bagi Serbia adalah kebugaran Aleksandar Mitrovic dengan striker Fulham yang hampir sebulan tidak bermain. Mengingat kurangnya waktu bermainnya, ia mungkin mulai dari bangku cadangan meski memiliki rekor mencetak gol yang sensasional di panggung internasional.

Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Vlahovic, Filip Kostic dan Dusan Tadic semuanya harus menjadi starter – kuartet yang bermain di level tertinggi sepak bola Eropa. Prediksi skor Brasil 3 – 1 Serbia. (bol/riz)

Prediksi Pemain
BRASIL (4-3-3) : Alisson Becker; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro, Bruno Guimares; Raphinha, Gabriel Jesus, Neymar. Pelatih : Tite.

SERBIA (3-4-1-2) : Vanja Milinkovic-Savic; Nikola Milenkovic, Stefan Mitrovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic, Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Gudelj, Filip Kostic; Dusan Tadic; Luka Jovic, Dusan Vlahovic. Pelatih : Dragan Stojkovic