Macam–Macam Servis Mobil Mulai dari Berkala hingga Rutin

Macam–Macam Servis Mobil Mulai dari Berkala hingga Rutin

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG –  Memiliki mobil bukanlah hal yang mudah karena mobil termasuk dalam sebuah kebutuhan tertier. Saat memiliki mobil baik bekas atau baru wajib dirawat agar bisa digunakan hingga puluhan tahun.

Mobil dengan perawatan terbaik bisa bertahan hingga 20 tahun. Mobil baru jika tidak dirawat secara baik akan lekas rusak sedangkan mobil bekas yang dirawat maksimal akan tampak seperti baru.

Karena itu, dibutuhkan servis mobil secara berkala untuk menjaga kondisi kendaraan kesayangan. Ada beragam macam-macam servis mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sebelum memilih salah satu dari servis mobil, sebaiknya ketahui dulu cara klaim asuransi agar saat melakukannya lebih maksimal.

Bagaimanakah servis mobil mulai dilakukan?

Sama halnya dengan motor, saat kendaraan Anda dirasakan mulai kurang nyaman segera ditindaklanjuti dengan memasukkan kendaraan ke bengkel. Servis mobil sedikit berbeda dengan motor dari segi biaya dan suku cadangnya.

Untuk mobil memiliki suku cadang yang lebih besar dan mahal sedangkan suku cadang motor lebih kecil dan terjangkau. Tanda mobil Anda mulai masuk bengkel untuk sekadar servis biasa saat jalan, mesin mobilnya agak keras dan kurang lembut bagian suaranya.

Anda butuh servis bulanan secara rutin agar mobil kembali nyaman. Biasaya teknisi akan mengecek minyak oli dan bagian radiator. Mobil yang terlalu panas juga membuat mesin mobilnya bekerja sedikit ekstra sehingga membuat mobil lebih kasar.

Mobil yang diservis ada di bagian dalam dan luar, untuk bagian luar seperti penggantian cat, pelapisan baretan, spion kaca yang pecah, atau asesoris luar tubuh mobil. Untuk bagian dalamnya, Anda bisa servis ganti oli, ganti aki, turun mesin, cek ac mobil dan sebagainya.

Risiko yang akan Anda hadapi jika menunda servisan adalah merembetnya penyakit mobil, contoh mulanya Anda mengabaikan tangki bahan bakar karena bocor bisa memicu kerusakan fatal seterusnya.

Seberapa pentingkah servis mobil?

Tingkat urgensitas servis mobil adalah 70% jika kerusakannya cukup tinggi, maka dari itu Anda wajib memiliki biaya cadangan khusus untuk servis mobilnya saja. Jadi, setiap penundaan dikhawatirkan merembetnya kerusakan lainnya.

Untuk memiliki dana cadangan, Anda bisa mencoba ikut asuransi mobil terbaik, terpercaya dan terjangkau.

Dengan klaim asuransi, Anda tidak akan kebingungan saat dana servis mobil dibutuhkan. Mengingat biaya servis mobil tidak selalu murah, Anda rancang dengan tabungan asuransi jenis semua kerusakan atau sebagian kerusakan. Carilah perusahaan asuransi yang mudah cara klaim asuransi dana asuransi servis.

Macam – macam servis mobil

Servis jarak 5000 km

Adalah layanan perawatan mobil yang telah menempuh jarak 5000 km atau sekitar 3-4 bulan secara rutin. Jadi, jika speedometer mobil Anda telah menjangkau 5000 ada baiknya mobil masuk ke bengkel untuk cek servis berkala.

Mungkin jika Anda masih merasakan nyaman tidak menjadi masalah, tetapi akan lebih baik jika cek servis, biaya jika tidak ada kendala lain (ringan) tidaklah besar. Namun, jika ada kendala lebih maka biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Servis jarak 10.000 km 

Adalah layanan perawatan mobil yang telah menempuh jarak 10.000 km atau sekitar 6-7 bulan secara rutin. Apabila pemakaian Anda jarang mungkin jarak 10.000 km akan ditempuh selama 10 bulan lebih. Saat inilah Anda mulai melakukan servis mobil.

Adapun servis yang dilakukan langsung banyak seperti ganti oli, spooring ban mobil dan cek biasa. Dengan demikian sekali keluar cukup tinggi, kecuali jika Anda rutin melakukan servis berkala setiap 4 bulan sekali anggaran tidak terlalu tinggi.

Servis jarak 15.000 km

Adalah layanan perawatan mobil yang telah menempuh jarak 15.000 km atau sekitar 8-9 bulan. Untuk servis jarak ini biasanya lebih banyak mengulang servis per 1000 km. Sehingga ketika Anda telah masuk jarak 10.000 km maka mengulang ke interval servis 1000 km.

Adapun penggantian servisnya oli, minyak, air radiator, cek komponen lainnya.

Servis jarak 20.000 km

Adalah layanan perawatan mobil yang telah menempuh jarak 20.000 km atau sekitar 12 bulan. Risiko saat Anda melakukan servis per 12 bulan adalah cukup lama proses pengecekannya, yang diganti juga cukup banyak serta pengulangan pakai setelah servis lebih berhati-hati.

Biaya servis mobil ringan mulai dari Rp100 ribu hingga jutaan ketika ada komponen yang harus diganti, biaya tersebut di luar ongkos beli suku cadangnya.(*)