Beranda Semarang Mahasiswa Udinus Implementasikan Kuliah

Mahasiswa Udinus Implementasikan Kuliah

542
GIVE AWAY : Penyerahan souvenir dari mahasiswa Udinus kepada pengunjung Gedong Songo Sumowono Kabupaten Semarang sebagai salah satu mata kuliah terapan.
GIVE AWAY : Penyerahan souvenir dari mahasiswa Udinus kepada pengunjung Gedong Songo Sumowono Kabupaten Semarang sebagai salah satu mata kuliah terapan.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG — Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Ilmu Komunikasi Udinus mengadakan give away. Kegiatan ini berupa pembagian souvenir seni terapan kepada pengunjung Candi Gedong Songo secara gratis berdasarkan ketentuan yang telah berlaku.

Berkecimpung dalam dunia sosial, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) tidak tutup mata atas kondisi sosial yang kini tengah dialami generasi millenial. Pengetahuan generasi millenial yang terbatas tentang Budaya dan Sejarah membuat mahasiswa Udinus tergerak.

Mereka mencari strategi untuk mengajak segenap masyarakat agar peduli atas sejarah, baik sejarah dalam lingkup lokal maupun nasional. Berawal dari tugas mata kuliah Komunikasi Pemasaran, mahasiswa Udinus tidak ingin tugas hanya berakhir dengan tugas, mendapatkan nilai lalu selesai.

Namun tugas harus membawa manfaat pada masyarakat. Pembagian souvenir dengan challenge berupa lontaran pertanyaan bertemakan budaya dan sejarah yang akan ditanyakan secara langsung kepada pengunjung merupakan strategi mendapatkan souvenir gratis.

Tentu saja, harus mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Pemberi pertanyaan tidak serta merta mengharuskan pengunjung untuk menjawabnya secara langsung, terdapat durasi waktu sekitar 2 menit yang memungkinkan pengunjung bertanya kepada rekannya atau kepada pengunjung yang lain, atau dapat pula mencarinya melalui jejaring internet.

Strategi tersebut dipilih atas keyakinan bahwa ketika pengunjung mencoba mencari jawaban atas pertanyaan yang diberikan, maka otomatis ia akan membaca seputaran sejarah dengan konsekuensi sedikit banyak pengunjung akan mengerti tentang budaya dan sejarah.

Didalam Komunikasi Pemasaran, terdapat strategi pemasaran yang meliputi 7P (Product, place, price, promotion, process, people, physical evidence) yang menjadi dasar penentuan strategi pemasaran Gedong Songo melalui pengenalan sejarah dan budaya.

Mahasiswa Udinus berusaha untuk mem-branding Candi Gedong Songo dengan kekentalan akan culture. Dengan acara give away souvenir seperti ini akan membantu masyarakat dalam mengenali budaya dan sejarah sekaligus mem-branding Candi Gedong Songo dengan objek wisata berbasis budaya yang kental. (rif/biz/sgt)