Maju Pilgub Jateng, Gus Yusuf Tunggu Ijtima Ulama

Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf Chudlori.

JATENGPOS.CO.ID, PEMALANG– Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori menjadi tokoh yang dijagokan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. Namun pria yang akrab disapa Gus Yusuf itu masih menunggu perintah para kiai.

“Sabar ya, kita tunggu. Saya ini kader yang terbiasa berkonsultasi dan nyuwun petunjuk para kiai, karena saya hidup di lingkungan pesantren. Jadi saya tunggu dawuh-dawuh beliau,” kata Gus Yusuf di sela-sela acara Halal bi Halal PKB Kabupaten Pemalang di Hotel Winner, Minggu (5/5).

Ia menjelaskan salah satu keputusan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) PKB, pada bulan April lalu menyebutkan kiai-kiai akan menggelar forum untuk memutuskan arah PKB ke depan.

“Saat itu kami melaporkan hasil Pemilu 2024. Kiai-kiai menilai PKB se-Jawa Tengah berhasil dalam Pemilu 2024 dilihat dari konsistensi dan kenaikan kursi PKB baik di DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kiai-kiai akan menggelar musyawarah untuk memutuskan arah PKB dalam Pilkada Tahun 2024. Gus Yusuf menegaskan forum musyawarah tersebut merupakan ranah para kiai.

“Ya, forum musyawarah kiai itu banyak, bisa halaqoh, bisa ijtima, banyaklah. Informasinya, tidak hanya dihadiri Dewan Syuro PKB, tetapi juga kiai-kiai kultur. Tapi saya tidak tahu persis, itu ranah beliau-beliau para kiai,” tegasnya.

Sementara itu Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah, Sukirman mengaku secara teknis sudah menjadwalkan dan menyiapkan kegiatan musyawarah para kiai. Rencananya musyawarah akan digelar Mei 2024.

“Ya karena itu keputusan Muspimwil, maka kita tindak lanjuti. Pengurus DPW menyiapkan teknisnya. Insyaallah, Mei ini, karena menyesuaikan jadwal para kiai di bulan syawal yang cukup padat. Kami hanya teknis, substansinya beliau-beliau,” ujar Sukirman yang juga Wakil Ketua DPRD Jateng itu saat mendampingi Gus Yusuf di Pemalang.

Sukirman menambahkan, dalam Muspimwil, segenap pengurus DPW dan ketua DPC se-Jateng yang hadir menyatakan kebulatan tekad mengusulkan dan mendorong Gus Yusuf sebagai calon Gubernur.

“Maka kami terus berproses dan hasilnya akan kami laporkan ke DPP PKB dan Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin Iskandar,” ujarnya, dilansir dari detikcom.

Ketua DPC PKB Pemalang, Iskandar Alisyahbana mengatakan dalam sambutannya di acara itu, kembali menyatakan bahwa struktur PKB telah siap mencalonkan Gus Yusuf sebagai calon Gubernur.

“Kami hari ini kumpul komplet, semua struktur, PAC, bahkan dihadiri kiai-kiai kultural NU,” tegas Iskandar. (dtc/muz)