Beranda Travelling Kuliner Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Diburu

Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Diburu

15

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG — Setiap kali Anda berkunjung ke tempat baru atau sebuah kota, hal yang sering kali Anda cari adalah makanan khas dari daerah tersebut. Makanan khas menjadi salah satu daya tarik yang menggoda dan patut dicoba. Tak terkecuali dengan makanan khas Jawa Tengah yang terkenal nikmat dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Sebagai salah satu provinsi dengan beragam destinasi wisata yang menarik dikunjungi, Provinsi Jawa Tengah memiliki berbagai makanan dan kuliner khas dengan cita rasa yang siap memanjakan lidah Anda. Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai makanan khas apa saja yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

Makanan Khas Jawa Tengah yang Enak

1.   Enting-enting Gepuk

Salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang wajib untuk dicoba yaitu enting-enting gepuk. Makanan khas yang berasal dari Salatiga ini memiliki rasa yang manis karena terbuat dari campuran kacang tanah yang ditumbuk dan gula jawa yang dipadatkan.

2.   Lumpia

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas dari kota Semarang ini, bukan? Ada berbagai varian isi lumpia, mulai dari isian rebung (tunas bambu), telur, sayuran, daging ayam, udang, hingga kepiting yang semakin nikmat dan lezat apabila disantap saat masih hangat.

3.   Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Pati yang disajikan dengan lauk daging sapi yang disiram dengan kuah segar. Cita rasa dan aroma dari nasi gandul ini juga semakin khas karena menggunakan daun pisang sebagai alasnya yang akan memanjakan lidah Anda.

4.   Rondo Royal

Salah satu jajanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda coba selanjutnya adalah rondo royal. Makanan khas ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan unik, karena terbuat dari olahan tape singkong yang digoreng dengan balutan adonan tepung.

5.   Getuk

Getuk merupakan makanan khas dari Jawa Tengah yang sangat populer. Makanan khas yang satu ini terbuat dari singkong yang ditumbuk hingga halus. Pada mulanya, gethuk hanya tersedia dalam warna putih saja. Namun seiring perkembangan zaman, warna getuk semakin bervariasi, sehingga terlihat lebih menarik dan tentunya lezat untuk disantap.

6.   Wajik

Selain getuk, wajik juga menjadi primadona oleh-oleh khas Jawa Tengah yang wajib untuk dicoba. Wajik memiliki rasa manis karena terbuat dari beras ketan yang diberi campuran gula jawa atau gula pasir. Tampilan wajik juga semakin menarik karena tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu merah, hijau, merah muda, kuning, dan coklat.

7.   Soto Kudus

Sesuai dengan namanya, soto ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kota Kudus. Soto ini juga memiliki banyak versi dengan pilihan topping berupa daging ayam atau daging sapi.

8.   Jenang Kudus

Masih berasal dari kota Kudus, jenang yang satu ini juga wajib untuk dicoba. Ciri khas dari jenang kudus yaitu bentuk penyajiannya yang memanjang dan dibungkus menggunakan plastik bening. Untuk rasanya, Anda sudah tidak perlu meragukannya lagi karena dijamin nikmat dengan teksturnya yang legit.

9.   Tempe Mendoan

Berkunjung ke kota Purwokerto rasanya tidak akan lengkap jika tidak mencicipi jajanan khasnya yaitu tempe mendoan. Tempe mendoan merupakan tempe yang digoreng setengah matang atau tidak sampai garing seperti tempe goreng pada umumnya. Makanan khas ini juga akan semakin nikmat apabila disantap selagi masih hangat.

10. Soto Sokaraja

Soto atau Sroto sokaraja menjadi primadona makanan khas jawa tengah yang berasal dari kabupaten banyumas tepatnya kecamatan Sokaraja. Ciri khas bumbu kacang yang membedakan dari soto pada umumnya menjadikan soto sokaraja ini memiliki kelezatan nya yang khas. Dalam cara pembuatan Soto Sokaraja yang dimulai dari pembuatan bumbu utama, bahan utama dan bumbu halus menjadi perpaduan yang menghasilkan rasa yang enak.

Makanan khas Jawa Tengah seperti yang sudah disebutkan di atas wajib untuk dicoba ketika Anda sedang berkunjung ke kota-kota tersebut. Tidak hanya unik dan khas, makanan-makanan tersebut juga sudah siap memanjakan lidah Anda dengan cita rasanya yang nikmat dan lezat. (fid)