Mantap! Tol Semarang-Demak Cuma 15 Menit

GERBANG: Gerbang tol seksi II (Sayung-Demak) tampak keren. Foto: dok PT PP Semarang-Demak.

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Jalan tol Samarang-Demak seksi II (Sayung-Demak), yang dibuka dua arah sejak 18 Nopember 2022 lalu benar-benar menyingkat waktu perjalanan. Jika biasanya jalan konvensional (jalan biasa) memakan waktu hingga 1,5 jam karena macet, lewat tol hanya memakan waktu 15 menit.

Bejan Syahidan, salah seorang pengguna tol Semarang-Demak seksi II mengaku, dia sengaja mencoba tol baru tersebut hari Kamis (24/Nopember/2022). Masuk pintu tol (exit tol) Sayung pukul 15.00 wib. Dengan kecepatan 80 Km/jam, sampai kota Demak alias exit tol Kadilangu Demak pukul 15.15 wib.

“Artinya perjalanan hanya memakan waktu 15 menit. Padahal kecepatan saya hanya 80 km/jam karena untuk sementara tidak boleh terlalu kencang. Jika jalan 100 km/jam bisa lebih cepat lagi,”katanya kepada Jateng Pos, Kamis (24/11/2022) sore.

Dari pengamatan perjalanan, menurutnya badan tol secara umum sudah rampung. Tetapi memang masih ada pengerjaan rambu jalan di beberapa titik. Jalan dua arah dipisah dengan penggal jalan beton. Sisi kiri dan kanan masing-masing lebar sekitar 10 meter. Masing-masing dua lajur bisa dilewati dua kendaran searah.

Untuk pemandangan, menurutnya sangat indah. Sepanjang jalan tol terhampar sawah dan tambak milik warga. Untuk sementara tol hanya boleh dilewati kendaraan kecil atau mobil pribadi karena belum difungsikan seratus persen.

“Tol seksi Sayung-Demak ini masuknya dari pintu tol Sayung, keluarnya pintul tol ring road Demak selatan, sebelum pintu masuk makam Kadilangu,”kata Bejan.

Pihak pengelola tol menginformasikan, tol Sayung-Demak ini baru dibuka untuk siang hari saja dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Pembukaan sifatnya sementara untuk memecah kemacetan jalan pantura biasa akibat pembangunan jembatan di Wonokerto. Karena sifatnya sementara, pengendara dihimbau hati-hati karena jika terjadi kecelakaan belum ada ganti asuransi. Target pengelola proyek akan rampung dan siap difungsikan semua seksi Semarang-Demak Januari 2023.

Proyek tol ini menelan anggara APBN Rp 10 trilliun. Dibangun dua seksi. Seksi I Semarang-Sayung sejauh 10 Km. Seksi II Sayung-Demak sejauh 16 Km. Total Semarang-Demak sekitar 26 KM. (jan)