Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022-2023, KAI Commuter Tambah Enam Perjalanan Commuter Yogya-Solo-Palur

JATENGPOS.CO.ID,  SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mempersiapan personil, sarana dan prasarana dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru. Selain siaga posko dengan diperkuat dengan 1.940 personil, juga menambah lagi 6 rute Commuterline Yogya – Solo – Palur.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan posko Angkutan Nataru KAI ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan di stasiun-stasiun KA agar angkutan penumpang dengan kereta api pada 18 hari masa posko berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia (SDM), sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan. Diharapkan dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Nataru, seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala,” ujar Franoto Wibowo, Jumat (23/12/2022).

Ditambahkan Franoto, untuk penambahan rute KAI commuterline, khusus di wilayah VI Yogyakarta, KAI Commuter menambah 6 operasional pelayanan perjalanan commuterline Yogya-Solo-Palur menjadi 30 perjalanan tiap harinya mulai dari 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang.

Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP tetap mengoperasikan 8 perjalanan. KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna commuterline Yogya-Solo pada masa Angkutan Nataru 2022-2023 sebesar 48% jika dibandingkan dengan Nataru 2022 atau sebanyak 278 ribu orang.

Dari segi pengamanan, KAI Commuter menyiagakan 200 orang petugas baik dari personel internal maupun keamanan dari TNI/Polri. Sedangkan untuk pelayanan di stasiun petugas Passenger Service (PS), dibantu oleh 13 orang Costumer Service Mobile (CSM) akan membantu dan mengarahkan para pengguna yang akan menggunakan kereta.

Dalam masa Angkutan Nataru tahun ini, stasiun-stasiun akan didatangi oleh pengguna musiman yang bermobilisasi menggunakan commuterline dan KA Prameks. KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna, untuk pembelian tiket dapat dilakukan dengan transaksi non tunai, transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank.

“Untuk kenyamanan dan mengurangi antrian untuk pengguna KA Prameks, pemesanan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access mulai tujuh hari sebelum pemberangkatan atau pembelian tiket pada hari keberangkatan menggunakan KMT atau kartu uang elektronik Bank selama kuota tiap jadwal perjalannya masih tersedia.” Imbuhnya.(dea)