Massa Serbu Kantor Bupati Sukoharjo, Pra LKO Kodiklat Mabes Terjunkan 1000 Personil

HALAU MASSA:Kericuhan aksi massa di depan Kantor Bupati Sukoharjo dalam aksi Pra LKO yang digelar Kodiklat TNI AD bersama Kodam IV/Diponegoro. (ade ujianingsih/Jatengpos).

JATENGPOS.CO.OD,SUKOHARJO – Ratusan massa merangsek di depan pintu gerbang Kantor Bupati Sukoharjo, Rabu (5/6/2024) pagi, mereka berteriak minta Bupati Sukoharjo menemui mereka yang minta kesejahteraan.

Nampak massa yang beringas langsung dihalau oleh petugas gabungan dari TNI Polri dan Satpol PP. Tidak hanya aparat yang ada di wilayah Sukoharjo namun juga mendatangkan kompi sekitar.

Meski sempat bentrok dan ada aksi anarkis penjarahan dan adu fisik, namun aparat berhasil mengatasi dan meredam massa, hingga suasana kondusif.

Bukan peristiwa sebenarnya, aksi tersebut merupakan Latihan Penanggulangan Konflik Sosial (PKS) Kodim 0726/Skh 2024 dalam rangka Pra Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Kodam IV/Diponegoro, yang digelar oleh Kodiklat TNI Angkatan Darat.

“Latihan Penanggulangan Konflik Sosial (PKS) Kodim 0726/Sukoharjo tahun 2024 ini dalam rangka Pra Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Kodam IV/Diponegoro. Dengan skenario latihan Penanggulangan Konflik Sosial (PKS) yang terjadi di wilayah Kabupaten Sukoharjo.” Ungkap Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, yang memimpin langsung simulasi LKO.

Latihan ini melibatkan 1000 personil gabungan yang difokuskan untuk melatih kesiapsiagaan, terutama prosedur, dari penanganan unjuk rasa yang terkendali hingga bersifat anarkis, apa dan bagaimana tindakan TNI, Polri dan dibantu pelaku lainnya dalam menghadapi situasi dan permasalahan di lapangan.

Hadir sejumlah pejabat dalam latihan ini, diantaranya Letjend TNI Widi Prasetijono Dan Kodiklat TNI AD, Kombes Pol. Basya Radyananda Karo Ops mewakili Kapolda Jateng, Kolonel Inf Ali Akhwan Danrem 074/Warastratama, Etik Suryani, Bupati Sukoharjo, Wawan Pribadi Ketua DPRD Kab. Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi, Dandim 0726/Sukoharjo selaku Dansubsatgas, dan AKBP SigitKapolres Sukoharjo selaku Wadansubsatgas.

Dankodiklat TNI AD Letjend TNI Widi Prasetijono menjelaskan kegiatan latihan penanggulangan konflik sosial (aksi Unras) merupakan rangkaian kegiatan Pra Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan di Wilayah Kodim 0726/Sukoharjo.

Sementara itu Bupati Sukoharjo Hj. etik Suryani mengucapkan terima kasih atas terlaksananya Latihan Kesiapsiagaan Operasi yang dilaksanakan oleh TNI, Polri dan Pemda di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang telah terselenggara dengan lancar.

“Kami lihat sendiri simulasi kesiapsiagaan TNI, Polri dalam menangani demo ini berjalan sangat bagus, selanjutnya kita berharap Sukoharjo tetap dalam keadaan kondusif, tidak ada unjuk rasa dan demo, sinergi yang terjadi selama ini antara TNI-Polri dan Pemerintah daerah dalam setiap kegiatan berjalan sangat bagus,” tutup Bupati. (dea/jan)