Masuki Tahapan Pemilu, Ketua Bawaslu Ingatkan “Godaan” Pengawas Pemilu

APEL DARING : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara serentak se-Indonesia pada Selasa (14/6). Ist

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 secara serentak se-Indonesia pada Selasa (14/6).  Jajaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah mengikuti pelaksanaan apel siaga tersebut secara daring bertempat di halaman depan kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja selaku komandan apel menyampaikan beberapa instruksi dalam menghadapi tahapan pemilu mendatang. Bagja menjelaskan bahwa selama lebih dari dua tahun ke depan, godaan untuk melakukan kecurangan dan korupsi akan berdatangan, perbedaan pendapat akan sering muncul.

Bagja berpesan kepada seluruh jajaran untuk menjaga integritas, soliditas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas ke depan. Bagja juga mengingatkan bahwa Bawaslu adalah eksistensi penegak hukum dan keadilan pemilu, sehingga wajib hukumnya bagi Bawaslu untuk selalu bersikap netral dan mandiri.

“Netral dan mandiri bukan hanya dimiliki dan dijaga, tetapi harus diperlihatkan kepada masyarakat. Manfaatkan media masa dan media sosial untuk mengakrabkan diri kita kepada masyarakat. Kepercayaan publik adalah bahan bakar kita dalam menjalankan business core Bawaslu,” ujar Bagja.

Bagja kemudian berpesan bahwa ke depan jam kerja Bawaslu akan menjadi fleksibel mengikuti kebutuhan dan tahapan pemilu, sehingga seluruh pegawai diminta bersiap diri sebaik mungkin dan tetap menjaga kesehatan untuk mengikuti ritme kerja tersebut. Terakhir, Bagja mengingatkan kepada seluruh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk selalu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, baik dari segi infrastruktur maupun SDM.

Apel siaga tersebut menjadi langkah simbolis dari Bawaslu dalam rangka menyiapkan seluruh jajaran dari pusat hingga Kabupaten/Kota menghadapi tahapan pemilu yang dimulai pada 14 Juni 2022.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, tahapan pemilu pertama (penyusunan perencanaan, program, dan anggaran Pemilu) dimulai pada tanggal 14 Juni 2022.

Usai apel, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar SAKA memberikan amanat kepada seluruh Pegawai Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Fajar menyampaikan bahwa secara umum, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota di bawah telah siap dari segi SDM maupun infrastruktur dalam menghadapi Pemilu ke depan.

“Jajaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah siap menghadapi Pemilu Pilkada 2024, apapun kondisinya untuk mensukseskan pesta demokrasi terbesar negeri ini,” tukas Fajar di akhir amanat. (rit)