Media Pembelajaran Konvensional Tingkatkan Minat Belajar Rangkaian Listrik

SULISTIYAWATI, S.Pd.SD Guru SD Negeri 08 Mulyoharjo Kec. Pemalang Kab. Pemalang

Pendidikan memiliki peran penting bagi pembangunan suatu bangsa. Pendidikan dapat membawa manusia menuju kehidupan yang lebih baik melalui proses dan menerapkan ilmu yang dimiliki. Tujuan Utama Pendidikan adalah menyiapkan peserta didik untuk menjadi Sumber daya Manusia (SDM) yang bermutu. Keberhasilan dalam proses pembelajaran tentu didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang tepat Saat ini banyak media pembelajaran yang dikembangkan sehingga sebagai pelaku Pendidikan harus pandai dalam memilih dan memanfaatkan media yang ada. Pemilihan media pembelajaran juga harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Media Pembelajaran yang dapat digunakan secara personal dan fleksibel dibutuhkan oleh peserta didik untuk melatih kemandirian.

Kenyataan seperti ini juga terjadi pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 08 Mulyoharjo Semester I Tahu Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil ulangan formatif yang dilaksanakan setelah pembelajaran IPA kompetensi dasar “ Rangkaian Listrik” dapat diketahui bahwa ketuntasan klasikal belum dapat dikatakan berhasil. Ketuntasan siswa hanya mencapai 65% dari 35 siswa. Hasil pembelajaran dari rangkaian listrik tidak tercapai karena pembelajaran yang dilakukan hanya dipatokkan di buku paket dari beberapa masalah yang dialami siswa maka perlu pembelajaran yang inovatif yaitu dengan meggunakan media sederhana.

Dalam Pendidikan Indonesia begitu banyak disiplin ilmu di sekolah dasar yang harus dikuasai, salah satunya adalah IPA. Samatowa (2011:5-9) mengatakan, IPA sebagai ilmu dan penerapannya dalam masyarakat membuat pendidikan IPA menjadi penting serta perlu diberikan kesempatan untuk berlatih keterampilan-keterampilan proses IPA dan perlu dimodifikasikan sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya. Namun pada zaman sekarang jika melihat bagaimana penerapan konsep IPA di sekolah-sekolah, peserta didik tidak mengalami secara langsung proses belajar. Guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan peserta didik hanya sebatas mengetahui tetapi tidak memahami terkait apa yang dipelajari. Oleh karena itu, dalam hal ini seorang guru harus memperhatikan dengan baik apa yang dibutuhkan peserta didik. Guru harus bisa menghasilkan sesuatu yang dapat menarik minat siswa serta membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara efisien.

            Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting dalam mendukung setiap proses pembelajaran. Arsyad (2007:3) menyebutkan bahwa “kata media berasal dari Bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Dalam Bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan”. Sedangkan secara khususnya, pengertian media belajar adalah alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Jadi dapat disimpulkan media belajar adalah sarana yang digunakan pendidik dalam membantu memudahkan proses pembelajran dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami dan menangkap materi yang dipelajari.

            Media pembelajaran konvensional yang digunakan adalah berupa papan rangkaian listrik yang dibutuhkan oleh guru dan peserta didik. Media pembelajaran konvensional merupakan alat pembelajaran sederhana yang dibuat menggunakan tangan manusia tanpa bantuan mesin dan digunakan untuk memudahkan serta memperjelas penyampaian materi pembelajaran.Dengan Penggunaan media pembelajaran konvensional ini minat belajar siswa meningkat dengan ditunjukkannya hasil belajar siswa yang megalami penigkatan yaitu mencapai 97% dari 35 siswa

            Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa Media Pembelajaran Konvensional papan rangkaian listrik untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar memiliki kualitas yang sangat baik dan sangat baik untuk meningkatkan minat belajar siswa.

OLEH :

SULISTIYAWATI, S.Pd.SD

Guru SD Negeri 08 Mulyoharjo Kec. Pemalang Kab. Pemalang