Megaziz Tingkatkan Presjar Geometri

Partini, S.Ag.,S.Pd. SD Negeri Sanggrahan 01

Apa itu Megaziz? Megaziz adalah akronim dari Media Gambar dan Quiziz. Sedangkan Presjar adalah akronim dari prestasi belajar. Megaziz Tingkatkan Presjar Geometri. Media gambar dan quiziz meningkatkan prestasi belajar geometri. Menurut Kamus Besar Bahasa Media adalah alat saluran komunikasi. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, kata media alat saluran komunikasi. Sedangkan pengertian media gambar juga berdasar KBBI adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan pikiran seperti lukisan, film dan lain sebagainya.

Pemilihan media pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran serta timgkat perkembangan anak. Menurut Tarigan, Media gambar adalah merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran. Pemilihan media gambar dan quiziz ini meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran dirasakan menarik, menyenangkan serta mudah dipahami. Hal ini juga terjadi di SD Negeri Sanggrahan 01, terutama kelas enam

Menurut  Glann Doman, media kartu bergambar geometri sangat efektif untuk mengingat dan menghafal karena melatih kemampuan kognitif anak. Menurut Sumardiono media gambar merupakan pemicu otak anak agar dapat menerima informasi yang ada dihadapan anak serta sangat efektif memantu anak belajar mengenal geometril baik bentuk maupun menghitung luas serta keliling geometri. Dari beberapa pendapat diatas, media gambar geometri merupakan pendalaman materi serta mengenal bentuk-bentuk geometri.

Kelebihan penggunaan media gambar antara lain: 1) Sifatnya konkrit. 2) Gambar dapat mengatasi masalah batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa, anak-anak dibawa ke objek tersebut. Untuk itu gambar atau foto dapat mengatasinya. 3) Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar. 4) Memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia beberapa saja. 5) Murah harganya, mudah didapat, mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan yang khusus.

            Pemilihan media pembelajaran geometri menggunakan media gambar akan lebih menarik, menyenangkan serta  mudah dipahami apabila dipadukan dengan penggunaan media quiziz. untuk media evaluasi geometri. Media quiziz dan gambar dapat menjadi satu bagian yaitu quiziz gambar geometri. Pemanfaatan media pembelajaran quiziz dimulai saat pandemi covid-19. Guru dipaksa untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara online. Semakin cepatnya arus glibalisasi memunculkan pula perkembangan teknologi diantaranya Quiziz.

Pemanfaatan pembelajaran Quiziz tidak dapat dilepaskan dari pola pembelajaran. Pola pembelajaran di Indonesia terdapat empat pola pembelajaran yaitu: 1) Pola Tradisional, 2) Pola Guru dengan media, 3) Pola pembelajaran bermedia, 4) Pola pembelajaran dengan media. Pola pembelajaran media gambar masuk dalam pola nomor dua yaitu pola guru dengan media. Sedangkan media pembelajaran media Quiziz termasuk dalam pola nomor tiga yaitu pola pembelajaran bermedia. dimana menempatkan media sebagai komponen pembelajaran setara dengan komponen yang lain. Pola pembelajaran dibuat melalui aplikasi Quiziz. Quiziz sendiri merupakan pola multimedia interaktif. Quiziz dapat pula dimanfaatkan untuk evaluasi pembelajaran sehingga memberikan warna evaluasi guru, menyenangkan bagi siswa .

 

Partini, S.Ag.,S.Pd.

SD Negeri Sanggrahan 01