Menang Harga Mati

JATENGPOS.CO.ID, VIETNAM – SEA Games 2022 cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Grup A bakal seru. Siaran langsung pertandingan Timnas Filipina U23 akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U23 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/05/2022) sore pukul 16.00 WIB, disiarkan langsung RCTI dan iNews atau live streaming RCTI+. Di ajang SEA Games Indonesia tak pernah kalah ketika melawan timnas Filipina.

Dari 30 edisi SEA Games sebelumnya Indonesia sudah bentrok delapan kali dengan Filipina. Hasilnya Indonesia menang tujuh kali dan hanya sekali bermain imbang.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Vietnam tercipta pada 1977. Pertemuan pada 23 November itu kedua tim berbagi poin dengan skor 1-1. Ini hasil imbang pertama dan terakhir.

Setelah pertemuan itu skuad Merah Putih selalu unggul. Dari delapan pertemuan tersebut Indonesia mengoleksi 20 gol dan hanya kebobolan empat kali. Kemenangan terbesar Indonesia adalah 5-1.

Kendati demikian kemenangan ini tak bisa menjadi acuan. Pasalnya sepak bola Filipina sudah jauh berkembang. Buktinya, Vietnam yang membantai Indonesia bisa ditahan imbang.

Menariknya Filipina takluk 2-3 saat jumpa Myanmar. Ini menjadi indikasi bahwa The Young Azkals tidak konsisten. Karenanya Garuda Muda berpeluang meraup angka penuh dalam laga itu.

Namun permainan Indonesia tak menjanjikan. Tim asuhan Shin Tae Yong ini tampil kepayahan dalam dua laga awal Grup A. Bahkan saat menang lawan Timor Leste permainannya jauh dari memuaskan.

Salah satu pemain kunci Filipina di dalam SEA Games 2021 ini adalah Jovin Hervas Bedic. Pemain Kaya Ilo-ilo ini telah mengoleksi tiga gol atau top skor sementara SEA Games.

Pertandingan melawan Filipina sangat krusial bagi Indonesia karena kekalahan di laga ini sama artinya dengan pulang lebih cepat. Timnas Indonesia U-23 harus menang untuk menjaga peluang ke semifinal SEA Games.

Timnas U23 Indonesia yang kalah 0-3 di laga pembuka SEA Games 2022 Grup A cabor sepak bola putra bangkit di laga ke-2 saat menghadapi Timor Leste U23. Garuda Muda sukses menang dengan skor 4-1 sebelum bersua Filipina U23 di laga ke-3.

Berkat kemenangan dengan skor cukup telak atas Timor Leste, Timnas Indonesia U23 asuhan Shin Tae-yong mengumpulkan 3 poin dan berada di peringkat 4 dari 2 pertandingan. Sementara Filipina berada di urutan 2 dengan mengumpulkan 4 poin dari 3 laga.

Di sisi lain, Filipina U23 berhasil menang di laga perdana melawan Timor Leste dengan skor 4-0 dan menahan imbang Vietnam 0-0. Akan tetapi, di pertandingan ke-3, skuad U23 The Azkals justru kalah dari Myanmar dengan skor 2-3 meski sempat unggul lebih dulu.

Bagi Filipina, laga melawan Indonesia adalah pertandingan terakhir mereka di fase grup, sehingga The Azkals wajib menang jika ingin tetap menjaga peluang lolos ke semifinal tetap terbuka. Jika gagal meraih poin apalagi kalah, Jovin Bedic dan rekan-rekan kemungkinan besar dapat digeser oleh Vietnam dan Indonesia.

Timnas Indonesia U23 juga membutuhkan kemenangan agar bisa lolos ke babak semifinal. Egy Maulana Vikri dan kawa-kawan tidak boleh kehilangan poin jika ingin menjaga asa lolos fase grup dan meraih medali cabang sepak bola putra di SEA Games 2022.

Pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, mengaku senang dengan kemenangan timnya melawan Timor Leste. Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan ini menyebut masih ada banyak hal yang harus diperbaiki oleh Garuda Muda agar bisa meraih hasil terbaik.

“Jujur kami memang menang dengan skor 4-1 tetapi kami tidak puas. Positifnya, kondisi kami sekarang sedang naik dan semakin baik, sehingga kami akan mempersiapkan pertandingan melawan Filipina dan Myanmar dengan lebih baik,” ujar Shin Tae-yong, dikutip dari situs web resmi PSSI.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong harus menegaskan kepada Marc Klok dan kawan-kawan agar tak meremehkan Filipina. Bagaimana tidak, Vietnam sampai dibuat frustrasi oleh rapatnya barisan pertahanan Filipina hingga laga duel berakhir imbang 0-0 pada 8 Mei lalu.

Filipina juga mengincar tempat di semifinal. Meski baru saja dikalahkan Myanmar, tim racikan Norman Fegidero itu siap menjadikan tim Merah-Putih sebagai pelampiasan.

“Kami akan menyesuaikan taktik dan mempersiapkan diri dengan matang untuk lawan ini (Indonesia). Mari kita tunggu dan lihat kejutan apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Norman dikutip dari The Thao 247, Kamis (12/05/2022).

Indonesia akan menghadapi Filipina dan Myanmar di sisa laga Grup A. Kedua calon lawan itu masih memiliki peluang lolos ke semifinal SEA Games 2022 cabor sepak bola putra. Saat ini, Myanmar U23 memimpin klasemen sementara Grup A, disusul Filipina di posisi 2.

Menghadapi Filipina U23 di laga ke-3 fase grup Timnas U23 Indonesia memiliki rekor pertemuan yang bagus. Egy Maulana Vikri dan rekan-rekan tercatat pernah mengalahkan The Azkals dengan skor 5-0 pada laga uji coba di tahun 2019.

Sementara di SEA Games, Indonesia membekuk Filipina dengan skor 3-0 pada 2017 serta 2-0 di SEA Games 2015. Saat itu, pemain yang tampil merupakan pemain-pemain yang murni di bawah U23 tahun dan tidak ada tambahan pemain senior seperti dalam 2 edisi terakhir.

Timnas U23 Indonesia diprediksi tetap tampil dengan formasi 4-3-3. Trio pemain senior yakni Marc Klok, Fachrudin Aryanto, dan Ricky Kambuaya, bakal menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong.

Sementara Filipina U23 bakal mengandalkan 2 pemain seniornya yakni Stephan Schrock dan Jovin Bedic yang selalu jadi motor utama serangan The Azkals dalam 3 laga di fase grup SEA Games 2022 cabor sepak bola. (ito/riz)