Mengamalkan P5 dengan Menanam Pohon

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG — SDN Lempongsari Semarang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Juga melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dengan mengangkat  tema Gaya Hidup Berkelanjutan, SDN Lempongsari telah mempraktekan dengan menanam pohon lingkungan hidup.

Salah satu cara menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan pada siswa adalah dengan menanam. Tak hanya menanam pohon, siswa juga punya kewajiban untuk merawat pohon yang sudah ditanamnya.

Sebagai bentuk aksi nyatanya, SDN Lempongsari juga mengadakan Pembelajaran Luar Kelas (PLK). Bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, untuk belajar menanam tanaman dan cara merawat tanaman.

 Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 17 November 2022 di UPTD Kebun Bibit Semarang, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Siswa kelas IV belajar tentang bahan yang digunakan untuk membuat media tanam, cara mencangkok dan stek pada tanaman.  Sehingga dapat menghasilkan tanaman baru, dan cara merawat tanaman yang baik.

Di sana, siswa-siswa belajar praktek langsung menyetek dan mencangkok tanaman. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, siswa dapat merasakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, serta dapat berdampak positif bagi lingkungan.  (*/rif/jan)