Menggali Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Notasi Balok

Pratin Murti Sutomo, S.Pd

Kreativitas merupakan hasil  kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru,baik gagasan,ide maupun karya seni. Menurut Supriadi dalam Yeni Rachmawati (2005:15) mengutarakan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru,baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada.

Dalam berkarya seni kreativitas sangat diperlukan untuk membuat komposisi sebuah lagu,

Lagu atau komposisi tersebut mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik. Beberapa unsur musik tersebut berupa irama,melodi,harmoni dan bentuk atau struktur lagu serta notasi.

Dalam teori hierarki Piramida kebutuhan individu oleh Abraham maslow, kebutuhan aktualisasi diri dan kebutuhan untuk dihargai adalah ujung dari Piramida tersebut ( dictio.id). Diungkapkan juga oleh Clark Moustakis (1967), ahli psikologi humanistic menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain.

Berkreativitas dalam bermusik ada dua cara yang digunakan untuk meencapainya, yaitu dengan menggunakan Notasi angka dan Notasi balok. Pada umumnya  mereka yang masih awam, notasi balok tidak pernah digunakan, karena menganggap sangat rumit dibandingkan notasi angka.Padahal jika kita sudah terbiasa dalam menggunakan notasi balok, maka tingkat musikalitas yang kita miliki lebih dari pada menggunakan notasi angka.

Notasi Balok merupakan symbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya suara. Keterangan diwujudkan dalam suatu gambar not. Musical note atau Not balokdisebut juga notasi mutlak, sebab memiliki patokan nada tetap (Wahyu Purnomo , Juli : 2022 ). Menurut Joseph (2010:6) not music yaitu tulisan musik,sedangkan pengertian sempit not music yaitu titinada. Notasi tersebut dimulai dari angka satu (1) sampai dengan angka tujuh (7) dengan cara membacanya adalah 1 (do) 2 (re) 3 (mi)  4 ( fa ) 5 ( sol ) 6 ( la ) 7 ( si )

Cara menuliskan notasi balok adalah dituliskan pada  garis paranada. Garis paranada adalah lima garis sejajar ,dengan empat ruang kosong atau disebut dengan spasi untuk menempatkan notasi balok sesuai dengan tinggi rendahnya nada. Garis paranada dihitung dari bawah yaitu garis satu sampai dengan garis lima,sedangkan spasi hanya ada empat yaitu dihitung dari bawah spasi satu sampai dengan spasi 4.Not not ditempatkan pada garis atau ruang kosong/spasi. Semakin tinggi posisi not, semakin tinggi nada yang dihasilkan,demikian pula sebaliknya. Jika dalam menuliskan notasi balok kita masih merasa kesulitan, maka bisa kita tranfus dulu ke notasi angka dengan menggunakan tanda kunci sebagai dasar untuk menentukan letak nada dasarnya.

Dalam materi pembelajaran  seni music di SMAN 3 PEMALANG,kelas XI Pada KD Musik Modern Notasi Balok merupakan materi yang diajarkan untuk melatih siswa mengolah rasa serta  berkreativitas dalam bermusik. Pada tahap awal diajarkan dahulu pengenalan notasi balok, selanjutnya mereka belajar membaca dan menulis, serta mengubah lagu dari not angka ke notasi balok.

Oleh : Pratin Murti Sutomo, S.Pd

Guru Seni Musik SMAN 3 PEMALANG, Kabupaten Pemalang