Beranda Semarang Menikmati Kuliner Sembari Mengikuti Talkshow di Alun-alun Bung Karno Ungaran

Menikmati Kuliner Sembari Mengikuti Talkshow di Alun-alun Bung Karno Ungaran

397
Petugas Kemenkominfo yang bertugas di stand memberi penjelasan kepada pengunjung terkait program registrasi wajib bagi pemilik kartu seluler. FOTO: ABDUL MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. UNGARAN- Pekan Kreatif Nusantara 2017 memasuki hari kedua, Jumat (7/12) kemarin, makin ramai dikunjungi masyarakat yang datang tidak hanya dari Ungaran dan sekitarnya, namun juga datang dari Kota Semarang, Salatiga dan Solo.

Kegiatan yang diadakan selama empat hari ini cukup beragam. Tidak hanya menggelar pameran produk dan kuliner, namun juga diselingi dengan talkshow, dan panggung hiburan. Seperi kegiatan  talkshow yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) di panggung hiburan yang berada di tengah-tengah area pameran.

Fungsional Penata Humas Kemenkominfo RI, Nurmia mengatakan dalam kesempatan ini Kominfo memanfaatkan untuk melakukan sosialisasi registrasi kartu ponsel yang akan berakhir tanggal 28 Februari mendatang. Pihaknya mengingatkan agar masyarakat segera melakukan registrasi, karena jika tidak mengindahkan maka kartu akan diblokir.

“Tahapan tempo registrasi sampai 28 Februari, jika sampai tanggal itu belum registrasi maka akan diingatkan dan diberi tenggang waktu selama 15 hari lagi. Namun jika tetap tidak mengindahkan maka kartu akan diblokir dan tidak akan bisa digunakan,” jelas Nurmia kepada Jateng Pos di stand Kemenkominfo, Jumat (8/12).

Selain itu, disebutkan pemiliki kartu hanya bisa melakukan registrasi untuk tiga kartu, jika lebih maka registrasinya harus melalui gerai. Ajang kreatif ini juga dimanfaatkan Kominfo untuk mensosialsiasikan Fatwa MUI nomer 24 tahun 2017 tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial, juga mensosialisasikan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Melalui Ditjen Pendidikan Usia Dini (Paud) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) memberikan pembelajaran tema Koding, Roboting, dan e- Commers.

Koding dan Roboting diajarkan pada anak-anak yang berkunjung, mereka bebas menggunakan game Koding permainan robot yang bertujuan untuk memandu stimuli kognitif anak-anak. Sedangkan e-Commers melayani pengelola UMKM dan pengusaha kecil untuk bisa mendapatkan layanan dan promo lewat internet.  Semua itu diberikan untuk umum dan gratis.