Meningkatkan Speaking dalam PJJ dengan Whatsapp Voice Note

Tein Maimuah,S.Pd Guru Bahasa Inggris, SMP N 2 Kalijambe, Sragen

Pendidikan merupakan bagian penting dalam mendukung pemerintah mewujudkan cita-cita bangsa. Pendidikan dimulai dengan proses pembelajaran, dimana terjadi interaksi antara siswa dengan lingkungannya. Guru harus berupaya secara maksimal agar siswa menerima pelajaran dengan mudah. Pelajaran bahasa inggris merupakan pelajaran yang sulit menurut siswa, apalagi dengan kondisi pandemi covid-19 seperti ini. Oleh karena itu guru harus dapat mengemas pembelajaran bahasa inggris semenarik mungkin. Guru menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam meningkatkan speaking  pada pelajaran bahasa inggris guru menggunakan  whatsapp voice note.

 Kemampuan berbicara (speaking) adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Moris dalam Novia (2002:54) menyatakan bahwa berbicara merupakan alat komunikasi yang alami antara anggota masyarakat untuk mengungkapkan pikiran dan sebagai sebuah bentuk tingkah laku sosial. Sedangkan, Wilkin dalam Maulida (2001:14) menyatakan bahwa tujuan pengajaran bahasa Inggris dewasa ini adalah untuk berbicara. Proses pembelajaran berbicara akan menjadi mudah jika peserta didik terlibat aktif berkomunikasi. Evaluasi keterampilan berbicara dilakukan secara berbeda pada setiap jenjangnya, baik jenjang SD, SMP, SMK/SMA dan Uniiversitas. Maka dari itu  penulis dalam meningkatan speaking kelas VII SMP N 2 Kalijambe di masa pandemic covid-19 ini  dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp voice note.

Menurut Larasati, dkk (2013), WhatsApp merupakan aplikasi untuk saling berkirim pesan secara instan, dan memungkinkan kita untuk saling bertukar gambar, video, foto, pesan suara, dan dapat digunakan untuk berbagi informasi dan diskusi .. WhatsApp Voice Note merupakan salah satu fitur WhatsApp yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Fitur ini berguna untuk mempercepat respons tanpa perlu repot mengetik teks secara manual. Apabila ingin mengirim pesan suara, pengguna tinggal menahan ikon mikrofon selama perekaman berlangsung. Rekaman suara tersebut bisa didengarkan si pengirim lebih dahulu (preview) sebelum pesan suara itu dikirim.

Penulis dalam upaya meningkatkan speaking dalam pembelajaran bahasa inggris di kelas VII SMP N 2 Kalijambe, Sragen menggunakan Whatsapp voice note .Whatsapp voice note merupakan rekaman suara interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas agar kemampuan berbicara siswa –siswa kelas VII SMP N 2 Kalijambe meningkat ,apalagi di musim pandemi ini. Penulis memberikan tugas kepada siswa – siswa berupa rekaman suara menggunakan bahas inggris dalam hal percakapan, memperkenalkan diri, bercerita. Penulis langsung memberikan umpan balik kepada siswa – siswa dan mengoreksi kosa kata yang kurang benar. Akhirnya siswa – siswa mau tidak mau tertantang untuk semangat belajar. Penulis memberikan tugas berupa rekaman/ voice note seminggu sekali agar kosa kata yang dimiliki siswa bertambah dan siswa berusaha untuk belajar speaking.

Pembelajaran melalui Whatsapp voice note ini dapat meningkatkan speaking siswa khususnya kelas VII SMP N 2 Kalijambe mata pelajaran bahasa inggris  sehingga mutu pendidikan dapat dicapai dengan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 tidak menjadi hambatan guru dalam menyampaikan materi  pembelajaran. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran  dengan mudah menggunakan Whatsapp voice note dalam meningkatkan speaking bagi siswa- siswanya dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Siswa – siswa kelas VII SMP N 2 kalijambe menjadi semangat untuk belajar speaking tanpa harus dipaksa.

Oleh:

Tein Maimuah,S.Pd

Guru Bahasa Inggris, SMP N 2 Kalijambe, Sragen