Metode Demontrasi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Dalam proses belajar mengajar, pembelajaran mengandung arti suatu kegiatan yang dilaksanakan guru dan siswa secara bersama-sama. Inti dari pembelajaran tersebut adalah terjadi proses memberi dan menerima, diakhiri evaluasi yang sengaja dilakukan guru untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa.

Berdasarkan hasil pengamatan guru dalam proses belajar mengajar, mata pelajaran IPA, kurang diminati siswa sebab dianggap sulit sehingga prestasi belajar siswa pada umumnya rendah. (Dyah H. 2022).

Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa pemanfaatan KIT IPA pada kegiatan belajar pada mata pelajaran tersebut belum maksimal. Pada umumnya metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar IPA masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas.Sebaliknya strategi pembelajaran praktik dan demonstrasi oleh KIT IPA sering diabaikan, khususnya pada kegiatan pembelajaran konsep listrik.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru perlu memanfaatkan KIT IPA. Dengan menggunakan metode demonstrasi diharapkan siswa dapat berpartisipasi dan prestasi siswa dapat meningkat.Oleh karena itu perlu upaya perbaikan managemen proses pembelajaran dengan metode dan pendekatan yang tepat.
Dalam rangka membangkitkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar, demonstrasi merupakan metode yang sesuai untuk meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada pembelajaran konsep listrik.

Metode demonstrasi pada hakikatnya telah diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas SD Negeri Sendang. Akan tetapi, kegiatan demonstrasi lebih sering dilakukan oleh guru dan kurang melibatkan siswa. Demikian pula pada saat pembelajaran, masih banyak siswa kurang memperhatikan demonstrasi guru. Bahkan tidak sedikit siswa kurang memperhatikan guru saat menerangkan, malas mengerjakan tugas, ribut saat guru sedang menerangkan, dan cenderung pasif saat belajar sehingga hanya guru yang lebih dominan dalam pembelajaran. Masalah-masalah di atas sangat mempengaruhi proses pembelajaran IPA. Dari banyak masalah itu, ada satu masalah yang dianggap penting untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa, yaitu rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, seperti: siswa kurang aktif bertanya, hanya memperhatikan guru saat menerangkan materi, dan kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran (pasif) sehingga dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA seharusnya melibatkan siswa secara aktif, sementara guru hanya mengarahkan atau membimbing siswa. Dengan cara tersebut, maka aktivitas belajar siswa dapat lebih maksimal sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajarnya.Peningkatan aktivitas belajar siswa, berupa: keaktifan mencatat materi pelajaran, menunjukkan sikap kritis dalam bertanya jawab dengan siswa dan guru, keaktifan melakukan demonstrasi, dan keaktifan menyimpulkan materi pelajaran.

Setiap guru harus berpikir inovatif dalam menerapkan metode pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang menekankan kepada keaktifan siswa dalam belajar adalah metode demonstrasi. Melalui kegiatan demonstrasi, siswa dapat memperagakan teori sehingga dapat lebih meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Bahkan dapat lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dilakukan secara kelompok sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Metode demonstrasi sebagai metode pembelajaran yang menekankan kegiatan memperagakan secara langsung materi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA . Melalui penerapan metode demonstrasi yang melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara memperagakan secara langsung materi, siswa mudah memahami materi pelajaran sehingga  meningkatkan kemampuan  hasil belajar siswa.Hasil belajar siswa pada Materi Listrik mapel IPA mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.Hasil belajar siswa menjadi kategori baik dan tuntas belajarnya.

 

oleh

Suharno,S.Pd

Guru SDN Sendang

Kec Tersono

Disdikbud Batang