Beranda Ekonomi Mitsubishi Colt L300 Banyak Peminat

Mitsubishi Colt L300 Banyak Peminat

Kontribusi Segmen Pemerintahan 15%

29
SERAH TERIMA MOBIL- Dealer resmi Mitsubishi di Semarang, PT Sun Star Motor MT Haryono, Rabu (4/12), melakukan serah terima 2 unit mobil Mitsubishi Colt L300 ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Dealer resmi Mitsubishi di Semarang, PT Sun Star Motor MT Haryono mencatat, pasar mobil komersial masih sangat menjanjikan. Terbukti, sepanjang tahun 2019 ini, sedikitnya rata-rata 10-12 unit Colt L300 milik Mitsubishi laku terjual di pasaran.

Branch Manager PT Sun Star Motor MT Haryono, Aang Sitomang mengatakan, pasar mobil komersial setiap tahun relatif stabil, tak terpengaruh gejolak apapun. Apalagi, mobil komersial telah memiliki segmen tersendiri, seperti perdagangan, perkebunan, dan pemerintahan.

“Penjualan mobil komersial Mitsubishi Colt L300 dengan kisaran harga mulai 195-204 jutaan itu sendiri masih memberikan kontribusi sekitar 10% dari total penjualan produk Mitsubishi di PT Sun Star Motor MT Haryono,” katanya, disela Serah Terima 2 Unit Colt L300 ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Rabu (4/12).

Dijelaskan, pertumbuhan sektor perdagangan turut mendongkrak penjualan mobil Colt L300. Begitu pula untuk operasional pemerintah di sektor perkebunan dan kehutanan.

“Dari segmen pemerintah cukup besar pasarnya. Dan kini pun makin mudah masuk ke segmen tersebut, lantaran pengadaan barang sudah bisa diakses melalui LKPP, sehingga pihak pemerintahan bisa klik sendiri secara online, harga sudah terpampang, nanti tinggal negosiasi harga,” jelasnya.

Segmen pemerintahan, lanjut Aang, kini mampu memberikan kontribusi penjualan hingga 15% dari total penjualan produk Mitsubishi di PT Sun Star Motor MT Haryono. Namun begitu, jumlah tersebut tak hanya pada mobil komersial saja, melainkan juga mobil passenger untuk kendaraan operasional kantor.

“Selain Colt L300, dari pemerintahan juga banyak mengambil Mitsubishi Xpander. Biasanya untuk pengadaannya melalui lelang di awal tahun maupun di akhir tahun,” ujarnya.

Sementara itu, PT Sun Star Motor MT Haryono pada tahun 2019 menargetkan penjualan 1.200 unit mobil, dengan 45% kontribusi dari penjualan Mitsubishi Xpander, 10% Colt L300, disusul Pajero Sport, Xpander Cross, dan lain-lain.

Jumlah tersebut optimis tercapai mengingat tren akhir tahun terjadi lonjakan penjualan.

“Lonjakan penjualan di awal Desember ini sudah mulai terasa dengan banyaknya SPK yang masuk dibandingkan bulan lalu. Tren yang terjadi biasanya penjualan naik hingga 20% dibandingkan bulan sebelumny,” ucapnya.

Menurut Aang, tingginya penjualan di akhir tahun juga tidak terlepas dari banyaknya diskon dan promo undian menarik lainnya. Untuk PT Sun Star Motor MT Haryono saja memberikan diskon mulai Rp10 jutaan hingga Rp30 jutaan untuk pembelian produk mobil tertentu.

Tak hanya itu, terdapat pula hadiah undian yang berlaku nasional mulai Oktober hingga Desember, dengan hadiah berupa 1 unit Pajero dan 3 unit Xpander, serta puluhan tiket trip ke Jepang dan puluhan iPhone.(aln/bis)