MU Incar Trofi Pertama

Nottingham Forest vs Manchester United Kamis (26/01/2023) pukul 03:00 WIB Live Mola TV

Sam Surridge

JATENGPOS.CO.ID, NOTTINGHAM – Carabao Cup 2023 babak semifinal pada leg pertama, Nottingham Forest akan menjamu Manchester United di City Ground Stadium, Kamis (26/01/2023) dinihari pukul 03:00 WIB , disiarkan langsung Mola TV. Setan Merah butuh konsistensi kemenangan, dan mengincar trofi pertama di era Erik ten Hag.

Bermain di kandang dalam leg 1 semifinal Carabao Cup 2023 harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Nottingham Forest karena mereka bukan tim unggulan di fase ini. Keberhasilan mengalahkan Manchester United tentu akan sangat berguna bagi pasukan Steve Cooper saat melakoni laga leg kedua di Old Trafford pada 2 Februari mendatang.

Sebaliknya, bagi Man United, laga ini merupakan kesempatan meraih gelar juara. Secara statistik, MU layak diunggulkan untuk meraih tiket final Carabao Cup 2022/2023. Namun, Nottingham patut diwaspadai meskipun saat ini mereka terseok di papan tengah klasemen Liga Primer Inggris (EPL).

Di babak sebelumnya, Forest bersusah payah menyingkirkan Wolverhampton. Main kandang, Forest meraih hasil seri 1-1 sebelum akhirnya menang adu penalti 4-3.

Di lain pihak, MU tanpa kesulitan berarti melewati adangan tim divisi 3 Charlton Athletic. MU mengalahkan Charlton 3-0 di Old Trafford lewat satu gol Antony dan dua gol Marcus Rashford.

Forest dan MU sama-sama gagal menang di Premier League akhir pekan kemarin. Satu gol Sam Surridge memberi Forest hasil seri 1-1 di kandang Bournemouth, sedangkan MU menyerah 2-3 di markas Arsenal. Gol-gol MU dalam laga kontra Arsenal itu dicetak oleh Marcus Rashford dan Lisandro Martinez.

MU sudah bertemu dengan Forest pada pekan ke-17 Premier League musim ini. Di Old Trafford kala itu, MU menghantam Forest 3-0 melalui gol-gol Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Fred.

Tren bagus didapatkan oleh Nottingham menjelang pertandingan ini. Nottingham tidak terkalahkan dalam 8 laga kandang terakhirnya di semua ajang. Terdapat 5 kemenangan yang diraih Brennan Johnson dan kawan-kawan, termasuk saat mengalahkan Tottenham Hotspur di putaran 3 Carabao Cup 2022/2023.

Bahkan tim seperti Liverpool dan Chelsea gagal membawa pulang kemenangan dari City Ground di ajang EPL. Situasi itu tentu membuat skuad Nottingham bisa percaya diri di laga nanti. Kegagalan menang di kandang Bournemouth akhir pekan kemarin diyakini tidak akan mengganggu fokus tim besutan Steve Cooper tersebut.

Alejandro Garnacho

“Penting bagi kami untuk bisa memaksakan hasil imbang ketika tidak dapat meraih kemenangan. Kami memang tidak menang tapi kami harus segera fokus ke laga berikutnya,” ujar penyerang Nottingham, Sam Surridge, dikutip dari laman resmi klubnya.

Peluang bagi Nottingham terbilang tidak besar, meskipun Manchester United baru saja mengalami kekalahan 3-2 di kandang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023.

Hasil buruk itu memutus rekor 10 laga tidak terkalahkan yang diraih skuad asuhan Erik ten Hag di EPL. Namun, Man United sempat berada dalam fase 9 kemenangan beruntun di semua ajang resmi.

Rekor apik itu terhenti karena MU bermain imbang 1-1 di markas Crystal Palace. Salah satu bagian dari catatan impresif itu adalah kemenangan MU 3-0 atas Nottingham di Stadion Old Trafford pada 28 Desember 2022 lalu.

Karenanya, kekalahan dari Arsenal kemungkinan tidak akan membikin kendor permainan MU ketika bertamu ke kandang Nottingham. Evaluasi dan perbaikan pun segera mereka lakukan demi meraih hasil positif di City Ground. Apalagi, hasil laga leg pertama ini bisa berpengaruh terhadap peluang United lolos ke final dan meraih trofi Carabao Cup.

“Tentu saja kami kecewa dengan kekalahan itu (di markas Arsenal). Kami ingin menang, tapi kami tidak bisa meraihnya,” ujar Lisandro Martinez, salah satu pencetak gol MU ke gawang Arsenal.

“Namun, kami tetap kuat dan harus berjuang di laga berikutnya,” sambung Lisandro, seperti dilansir laman resmi Manchester United.

Pertandingan leg 1 semifinal Carabao Cup 2022/2023 akan menjadi pertemuan ke-4 Nottingham dan MU di ajang Piala Liga. Di tiga pertemuan sebelumnya, Man Utd selalu menang, termasuk di laga final musim 1991/1992 yang berakhir 1-0.

Pertemuan terakhir kedua tim di Piala Liga terjadi pada babak 16 besar musim 1998/1999. United saat itu menang 2-1 melalui dua gol dari Ole Gunnar Solskjaer. Sementara itu, jika melihat keseluruhan hasil 5 pertemuan terkini kedua tim, Man United unggul telak secara head to head (H2H) atas Nottingham Forest.

Kedua tim total telah bertemu sebanyak 106 kali dan semi final leg 1 Carabao Cup 2023 tanggal 26 Januari 2023 menjadi pertemuan ke 107 kalinya. Dari 106 kalinya Nottingham Forest meraih 33 kemenangan sedangkan Manchester United unggul dengan meraih 49 kemenangan dan 33 kekalahan.

Sementara itu dari 5 pertandingan terakhir,Nottingham Forest belum pernah sekalipun menang melawan Manchester United.

Nottingham dikabarkan akan bermain tanpa sejumlah pemainnya yang cedera. Di antara sejumlah pemain itu adalah Dean Henderson yang merupakan kiper pinjaman dari MU. Posisi Henderson bisa digantikan oleh Wayne Hennessey di laga ini.

Sebaliknya di kubu MU, Ten Hag diperkirakan melakukan rotasi pemain. Harry Maguire, Alejandro Garnacho, Anthony Elanga, dan Tyrell Malacia punya kans bermain di laga ini. Prediksi skor Nottingham Forest 1 – 3 Manchester United. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Nottingham Forest (4-3-1-2) : Wayne Hennessey; Serge Aurier, Joe Worrall, Scott McKenna, Renan Lodi; Danilo, Jack Colback, Orel Mangala; Morgan Gibbs-White; Brennan Johnson, Sam Surridge. Pelatih : Steve Cooper.

Manchester United (4-2-3-1) : David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Tyrell Malacia; Casemiro, Fred; Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho, Anthony Elanga; Wout Weghorst. Pelatih : Erik ten Hag.