Muh Haris, Caleg PKS Terpilih Bocorkan Kiat Sukses Lolos DPR RI

CALEG JADI: Dr. H. Muh. Harus, M. S.i. foto/ist jatengpos

JATENGPOS. CO. ID, SEMARANG – Dr. H. Muh. Haris M.Si, caleg DPR RI terpilih 2024 dari PKS Jawa Tengah, punya kiat tersendiri untuk lolos menjadi anggota dewan.

Bukan menggunakan politik uang seperti yang jamak terjadi, tetapi menggunakan jurus silaturahim. Sebagai ustad yang sudah dikenal, dia memanfaatkan jaringan silaturahim dari pengajian satu ke pengajian lainya.

“Alhamdulilah, dari jurus silaturahim Alloh mentakdirkan konstituen memilih saya jadi anggota DPR RI. Modalnya ya silaturahim, sowan dari satu tempat ke tempat lainya, bukan modal uang, karena saya tidak punya uang banyak, ” katanya saat mengisi pengajian Halal bi Halal Fostam (Forum Silaturahim Takmir Masjid dan Musholla) Jawa Tengah, di PTQ Lansia Husnul Qotimah, Jln Villa Madani Gedawang, kelurahan Gedawang, Banyumanik Semarang, 20 April 2024.

Dia mengaku pernah ditanya teman sesama caleg yang lolos ke DPR RI. Habis modal berapa untuk berhasil lolos menjadi anggota DPR. Temanya itu mengaku habis Rp 20 milliar.

“Saya ditanya, mas Haris, habis berapa untuk nyaleg kemarin, saya jawab saya tidak pakai modal uang, karena modal saya silaturahim, paseduluran antar jamaah, sowan kesana kemari, alhamdulilah mereka memilih saya, ” tambah mantan Walikota Salatiga dua periode ini.

Modal silaturahim dan pertemanan ini menurutnya mengalahkan segalanya. Karena banyak caleg menggunakan kekuatan uang milyaran juga banyak yang tidak jadi.

“Saya ya mengeluarkan dana untuk operasional, tapi tidak ada seperlimanya caleg yang lain. Itupun saya gunakan maju berdua dengan istri saya, ” jelas suami Hj. Ida Nurul Farida, yang juga lolos menjadi anggota DPRD Jateng dari PKS ini.

Muh. Haris, yang meraih sekitar 60.946 suara itu melanjutkan, dengan modal silaturahim itu dia mengaku hampir di semua TPS di Salatiga menang. Termasuk di kota Semarang, dia juga mendapat suara besar. Padahal dia mengaku jalan-jalan di kota Semarang pun tidak hafal.

“Modalnya ya silaturahim saja mendatangi tokoh-tokoh dan jamaah pengajian karena disuruh mengisi. Saya ya tidak kampanye, tidak menyinggung maju caleg, tapi mereka malah memilih saya, ” tambah pemilik Ponpes Nuris (Nurul Islam) Tengaran, Salatiga, ini.

Di kota Salatiga pun, dia mengaku tidak memberi bantuan kepada pihak-pihak yang mengundangnya. Karena kalau salah satu yang didatangi dibantu, nanti yang lainya cemburu.

“Mending tidak usah dibantu semua, karena saya tidak punya modal banyak untuk bisa membantu semuanya, yang penting semua saya datangi, ada kyai, pendeta, tokoh masyarakat, eh akhirnya malah pada milih saya semua, ” kata doktor alumni UGM ini.

M. Haris maju caleg DPR RI Dapil Jateng I meliputi (Kota Semarang, Kendal, kab Semarang, dan Kota Salatiga). Ada 8 kursi DPD RI yang diperebutkan hampir 200 caleg dari 18 partai politik.

Berikut caleg Dapil Jateng I DPR RI yang lolos ke senayan versi KPU:

PKB (1 kursi): Alamudin Dimyati Rois memperoleh 86.016 suara.

Gerindra (1 kursi): Sugiono memperoleh 62.855 suara.

PDIP (2 kursi): Mochamad Herviano Widyatama memperoleh 164.410 suara, Samuel JD Wattimena memperoleh 67.812 suara.

Golkar (1 kursi): Firnando H Ganinduto memperoleh 63.881 suara.

Nasdem (1 kursi):Fadholi memperoleh 91.487 suara.

PKS (1 kursi): Muh Haris memperoleh 64.945 suara.

Demokrat (1 kursi): Yoyok Sukawi memperoleh 98.265 suara. (jan)