Mundur dari ASN, Sinoeng Maju Pilkada Salatiga

MUNDUR: Sinoeng menunjukkan surat pengunduran dirinya sebagai pejabat ASN saat menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor DPC PDIP Salatiga. ( foto: dekan/ jateng pos)

JATENGPOS. CO. ID, SALATIGA – Mantan Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi rela pensiun dini sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk maju dalam Pilkada Salatiga 2024.

Mantan orang nomer satu di Salatiga itu mengembalikan formulir bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Salatiga di Kantor DPC PDIP, Sabtu, (18/5/2024) siang.

Sebelum mundur, Sinoeng yang menjabat Staf Ahli Gubernur Jateng ini datang sekira pukul 10.00 WIB bersama sejumlah relawan pendukung yang mengatasnamakan diri ‘Sinar Terang’. Sinoeng nampak didampingi istrinya Denok Respati dengan menaiki dokar.

Sinoeng mengaku datang secara pribadi ke Kantor DPC PDIP sebagai bentuk jawaban keseriusan maju dalam kontestasi Pilkada Salatiga 2024.

“Saya juga menyertakan surat pengunduran diri dari ASN yang telah ditandatangani Sekda Jateng Sumarno. Itu, juga bentuk pernyataan mundur saya per 30 April 2024,” kata Sinoeng kepada wartawan usai penyerahan berkas di Kantor DPC PDIP Kota Salatiga, Sabtu (18/5/2024).

Dikatakannya, dirinya lebih memilih mundur dari ASN setelah melakukan konsultasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng. Selain proses mundur sebagai komitmen maju Pilkada juga agar partai pengusung bisa memberikan rekomendasi.

Sinoeng menyebut, jika terpilih menjadi Walikota Salatiga ingin mewujudkan visi Salatiga Kota Hati Beriman, berkarakter serta berbasis budaya. Terkait calon wakilnya, Sinoeng menyerahkan urusan tersebut kepada partai politik pengusung. Adapun garis besar pendamping diutamakan satu visi dan memiliki komitmen sama.

“Yang penting, sama-sama berintegritas. Soal apakah laki-laki atau perempuan baik tua maupun muda sama saja. Saya tidak pernah menunjuk biarkan tim sukses dan partai politik berkomunikasi dengan partai lain,” imbuhnya.

Sinoeng menambahkan, selain melamar ke PDIP, ia juga sudah mengembalikan formulir pendaftaran di DPC Nasdem Kota Salatiga. Rencanya dirinya juga akan melamar ke partai lain.

“Kita juga akan mencoba menjalin komunikasi dengan partai- partai lain,” pungkasnya.(deb/jan)