Nama-nama Kandidat Calon Wali Kota dan Wawali Mengemuka

JATENGPOS.CO.IDSALATIGA – Pemilihan umum legislative ( Pileg) sudah digelar, meski  KPU Salatiga belum secara resmi mengumumkan pemilik suara terbanyak partai dan caleg. Hasil Pileg ini akan menentukan peta politik koalisi untuk mengusung pertarungan selanjutnya di Pilkada yang direncanakan digelar di bulan Oktober.

Nama-nama kandidat calon wali kota dan wakil wali kota sudah mengemuka ke masyarakat dan kandidat tersebut sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Untuk kandidat calon wali kota, nama-nama yang mengemuka adalah mantan Wakil Wali Kota Salatiga dua periode Muh. Haris, mantan Pj Wali Kota Sinoeng N Rachmadi, istri mantan Wali Kota Salatiga  Titik Kirnasingsih Yulianto, Ketua Alumni SMAN 1 Salatiga Pudjo Suseno yang juga kader PDIP, kader muda PDIP Salatiga Hartoko Budiono dan tokoh PKB  dari Salatiga Lukman Jambe. Sedangkan para kandidat calon wakil wali wali kota yang mengemuka adalah Henry Wicaksono, Dandan Febri Herdiana dan Yuni S kader Partai Nasdem.

Untuk mengusung para kandidat tersebut berdasarkan hasil Pemilu 2024, diperkirakan yang bisa mengusung kandidat secara mandiri alias tidak dengan koalasi adalah PDIP dan PKB. Untuk Gerindra, PKS, Demokrat dan Nasdem untuk mengusung kandidat wali kota dan wakil wali kota harus berkoalisi.

Sementara, hasil Pemilu 2024 ini menentukan partai yang bisa mengusung secara mandiri dan harus berkoalisi. Dari hasil penghitungan suara di internal sejumlah partai politik yang dikumpulkan dari form C1 ( dari saksi), diperkirakan PDIP tetap bisa mempertahankan perolehannya seperti Pemilu 2019, yaitu 8 kursi.

Kejutan muncul dari PKB, dimana perolehan kursinya menjadi 5 kursi atau bertambah satu kursi dibandingkan perolehan Pemilu 2019 dengan 4 kursi. Untuk Gerindra perolehan kursinya tetap 4 kursi, demikian pula PKS juga 4 kursi. Namun perolehan suara total dari Gerindra diperkirakan melebihi suara total perolehan PKS, sehingga jatah Wakil Ketua jatuh ke Gerindra dan tentunya PKB yang memperoleh kursi kedua terbanyak setelah PDIP.

Kemudian perolehan kursi DPRD berikutnya diperkirakan diraih oleh Demokrat yang meraih tiga kursi di Dapil Sidomukti, Argomulyo dan Dapil Tingkir, untuk Dapil Sidorejo diperkirakan hilang. Perolehan kursi Demokrat di Pemilu 2024 ini tetap seperti hasil Pemilu 2019 lalu yaitu 3 kursi.

Perolehan suara berikutnya diraih oleh Nasdem yang perolehannya sama dengan hasil Pemilu 2019 lalu yaitu 1 kursi dari Dapil Sidorejo. (deb)