JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Gelombang aksi penyampaian sikap di berbagai kota Indonesia dalam beberapa hari terakhir menimbulkan dinamika terkait mobilitas dan
keselamatan masyarakat. Menghadapi tantangan tersebut, Grab Indonesia memperkenalkan “GERCEP” Grab Respon Cepat, sebuah inisiatif darurat terpadu dengan 3 pilar utama yang dirancang untuk memastikan Mitra Pengemudi tetap terlindungi di tengah dinamika aksi penyampaian sikap di berbagai kota.
“Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi Mitra sebagai garda terdepan layanan, sekaligus memperkuat sistem keamanan dan keselamatan seluruh ekosistem Grab,” terang Neneng Goenadi, selaku Chief Executive Officer Grab Indonesia didampingi Radhi Juniantino, selaku Director of Trust & Safety and Grab Support Indonesia mengenalkan layanan “GERCEP” Grab Respon Cepat pada gelaran konferensi pers via Zoom pada Minggu (31/8).
Disampaikan, lebih dari sekadar melindungi mitra pengemudi, inisiatif tersebut lahir dari nilai kemanusiaan. Bahwa di balik setiap helm, setiap mobil, dan setiap perjalanan, ada
manusia dengan keluarga, harapan, dan kehidupan yang patut dijaga. “Karena itu, GERCEP bukan hanya wujud tanggung jawab kepada Mitra, tetapi juga bentuk solidaritas kemanusiaan yang melibatkan keluarga Mitra,” tegasnya.
Oleh karenanya, dukungan medis, konseling psikologis, bantuan ekonomi, hingga
pendampingan langsung di lapangan mencerminkan komitmen bahwa keselamatan dan
martabat manusia selalu lebih utama daripada sekadar kelancaran layanan.
Sebelumnya, Grab telah memiliki Incident Response Team (IRT) dan Satgas (Satuan Tugas) yang difokuskan untuk menangani respon keamanan bagi Mitra Pengemudi. Namun, dalam situasi khusus seperti gelombang aksi penyampaian sikap ini, Grab menghadirkan kanal tambahan melalui GERCEP agar penanganan darurat dapat dipisahkan dari respon keamanan rutin. Dengan demikian, setiap laporan terkait keadaan darurat dapat ditangani lebih cepat, terstruktur, dan tidak tercampur dengan alur penanganan insiden keamanan sehari-hari.
Mulai 2 September 2025 sampai pemberitahuan selanjutnya, Mitra di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan “GERCEP” Grab Respon Cepat ini melalui tiga kanal aksesibilitas, Saluran Darurat Khusus: 021-2350-7032, HelpCenter “Bantuan Tanggap Darurat”, dan Layanan LiveChat dalam HelpCenter.
Tim Satuan Tugas Grab (Satgas) yang berada di berbagai kota secara proaktif memberikan pendampingan langsung kepada Mitra di rumah sakit, dengan menghubungi keluarga, dan memastikan kondisi Mitra termonitor dan komunikasi antar pihak serta memenuhi kebutuhan dasar. Sistem in-app notification akan memperingatkan Mitra terkait titik rawan massa sehingga dapat menghindari jalur berisiko.
Neneng menambahkan, “Kami ingin Mitra tahu bahwa mereka tidak pernah sendirian. Dengan tiga pilar utama saluran khusus darurat di GrabSupport, livechat, kemudahan operasional, hingga dukungan medis dan psikologis, Grab hadir sebagai keluarga besar yang selalu siap melindungi. Kami juga mengajak seluruh mitra dan keluarga besar Grab untuk tetap tenang, selalu mengutamakan keselamatan, saling menjaga dan menguatkan, serta aksi penyampaian sikap di berbagai daerah berjalan damai.” (rit/biz)












