JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Di tengah tekanan yang dialami industri otomotif yang berdampak pada menurunnya pasar, Nasmoco Group sebagai diler resmi Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader sampai dengan bulan November 2019 dengan penguasaan pasar di atas 30%.
Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, penguasaan market share Toyota justru meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama 2018. Kesuksesan ini tidak lepas dari pencapaian positif sejumlah produk andalannya, seperti New Avanza, New Fortuner, All New Rush, New Innova, New Alphard dan New Hiace yang menguasai market untuk segmennya masing-masing dan justru mengalami pertumbuhan market share di beberapa bulan terakhir 2019 ini.
Peningkatan ini juga didukung atas kedekatan Nasmoco dengan masyarakat dan komitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di Jawa Tengah & DIY melalui 24 Cabang VSP-BP [vehicles, service, part & body paint] dan 2 Toyota Outlet Service Station [TOSS] serta didukung 14 Sales and Service Station [SSP]
Di segmen MPV Low, ditengah persaingan ketat di pasar paling gemuk otomotif ini, kesaktian Avanza justru ditunjukkan melalui kenaikan market share sebesar 2,5% menjadi 35,4% di bulan November 2019 dan berangsur jauh meninggalkan pesaingnya. Capaian tersebut juga sukses membawa penjualan Avanza tembus 1,8 juta unit secara nasional sejak 16 tahun kehadirannya di Indonesia.
New Fortuner juga berhasil menjadi market leader dan mengungguli pesaingnya di trend 2 bulan terakhir sebagai kendaraan SUV High terlaris dengan kenaikan market share 3% menjadi 33,1% di bulan November 2019.
Di segmen SUV Medium, All New Rush sejak versi terbarunya di-launching akhir 2017, mendapat respon positif dari pasar. Marketshare Rush sampai dengan bulan November tercatat 43,3% dan justru naik naik 8% dibanding periode yang sama tahun 2018. RS Rush juga naik 13,2% menjadi total 3.035 unit (year to month). Hal ini menunjukkan All New Rush semakin kuat dan sangat dominan menguasai market SUV Medium
Innova berada di segmen MPV Medium yang mengalami kenaikan market sebesar 3,8% dibanding tahun lalu. Hal ini menunjukkan segmen menengah ke atas tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi ekonomi dan politik yang cukup menekan di industri otomotif. New Innova sendiri mencatatkan kenaikan marketshare sebesar 0,9% menjadi 92,8% (year to month).
Khusus untuk segmen MPV Premium, New Alphard juga mencatat kenaikan penjualan signifikan sebesar 65,8% dari 100 unit menjadi 152 unit (year to month).
Sementara dari segmen komersial kehadiran Hi-Ace Premio cukup menarik perhatian yang membawa penjualan Hi-Ace secara total juga tumbuh 72,5% dari 263 unit menjadi 363 unit (year to month). Hal ini menunjukkan Hi-Ace sangat diterima di kalangan bisnis/ komersial di sektor transportasi.
“Kita patut bersyukur, karena di tengah penurunan pasar otomotif di Jateng dan DIY, Nasmoco justru mampu mempertahankan posisi market leader. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejumlah produk baru Toyota yang diluncurkan tahun ini, promo penjualan yang menarik hingga inovasi layanan untuk aftersales. Sehingga kami optimis bisa menutup tahun ini dengan market share di atas 30%,” jelas Fatrijanto.
Nasmoco Group semakin optimistis mampu mempertahankan posisinya sebagai market leader otomotif di Jateng dan DIY terlebih menyusul angin segar yang menyebutkan adanya kenaikan 2,5% tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) yang baru diberlakukan di DKI Jakarta menjadi 12,5% mulai 11 Desember 2019 ini.
Kenaikan tarif BBN-KB juga akan berlaku di Jawa Timur mulai 2 Januari 2020. Kenaikan tarif BBN-KB di kedua provinsi tersebut menyusul pemberlakuan tarif 12,5% yang telah diberlakukan di provinsi Jawa Barat sejak 1 April 2019.
“Dengan kenaikan BBN-KB di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur, membuat harga otomotif di Pulau Jawa ini fair dan semakin kompetitif, karena tidak ada selisih harga yang terlalu signifikan. Calon pelanggan tidak perlu lagi memperbandingkan harga di Jawa Tengah & DIY dengan harga di wilayah lain, bahkan pelanggan bisa memanfaatkan banyak promo dan benefit yang ditawarkan Nasmoco. Tidak hanya penjualan namun juga layanan aftersales, promo menarik hingga kemudahan sparepart,” terang Fatrijanto.
Sementara, memanfaatkan momen akhir tahun, Nasmoco Group memberi kemudahan pembelian Toyota melalui promo spesial bertajuk Nasmoco Year End Surprise (Nasmoco YES).
Nasmoco YES menawarkan pembiayaan dengan bunga spesial dan cicilan ringan Rp. 3 jutaan dengan tenor 5 tahun bagi konsumen yang ingin memiliki New Agya, New Calya dan New Avanza atau New Rush dengan special gift hingga jutaan rupiah.
Calon pelanggan juga bisa memanfaatkan promo Toyota Spektakuler yang memberikan tawaran promo spektakuler suku bunga 3.7% flat selama 3 tahun untuk pembelian New Avanza, New Innova, dan New Fortuner. Bahkan khusus untuk pembelian New Agya, pelanggan bisa mendapatkan potongan cicilan satu bulan GRATIS.
Pelanggan yang melakukan pembelian Toyota di periode Oktober – Desember 2019 masih mendapat benefit tambahan berupa kesempatan meraih puluhan hadiah seperti 90 unit Iphone 11, tiga unit Toyota C-HR Hybrid, dan hadiah utama berupa satu unit Toyota Alphard yang akan diundi di akhir periode promo Toyota Spektakuler.
Selain promo penjualan, Nasmoco juga menghadirkan promo aftersales yang bisa dimanfaatkan pelanggan Toyota di semua bengkel Nasmoco, seperti Ganti Ban diskon hingga 20% gratis jasa pemasangan, isi angin nitrogen, spooring dan balancing. Pelanggan juga bisa memanfaatkan harga spesial Velg Coloring hanya Rp. 250 ribu dan Poles All Body Rp. 300 ribu. Promo ini berlaku untuk semua model dan semua tahun produk Toyota (syarat dan ketentuan berlaku).
“Masih ada kesempatan mendapatkan benefit Nasmoco YES dan Toyota Spektakuler bagi pelanggan yang membeli Toyota di Nasmoco sampai akhir Desember 2019. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi cabang Nasmoco terdekat di kota Anda masing-masing” pungkas Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto.(aln)