Nazla Zain, dari Semarang Mengguncang Jerman

NAZLA ZAIN, PERSONIL QOSIDAH NASIDARIA

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Di tanah air seolah adem ayem. Tapi di Jerman malah mendapat apresiasi luar biasa. Itulah grub qosidah Nasidaria.

Grub musik gambus asal Semarang yang legendaris ini, baru saja konser di Kassel Jerman, 18 Juni 2022 lalu. Di negara Eropa itu mendapat sambutan gegap gempita. Masyarakat yang menyukainya tumplek blek. Larut dalam alunan musik qosidah dengan lagu-lagu Islami. Ikut berjoget. Bergoyang. Dan beryanyi. Nasidaria dari Semarang mengguncang Jerman. Viral di negara Eropa itu.

“Kami juga tak menyangka akan disambut warga Jerman semeriah itu, kami sendiri heran orang bule pada suka Nasidaria,”ucap Nazla Zain, salah satu personil Nasidaria, yang ikut perform di atas panggung Festival Documenta Fyfteen.

Saat ditemui channel Youtub JatengPos TV, 29 Juni, di rumahnya Gunung pati Semarang, Nazla yang menjadi bintang Nasidaria di Jerman ini mengaku trenyuh. Pasca konser dia diserbu penonton. Mereka mengelu-alukan Nasidaria dan dirinya. Bahkan saling berebut minta foto denganya.

“Saya sampai trenyuh, mereka mengaku suka Nasidaria dan minta tampil lagi. Padahal kami hanya dikasih waktu 1 jam sebagai band pembuka,”imbuh cewek 32 tahun yang paling muda di Nasidaria ini.

Wajahnya yang ayu, glowing, dan tinggi semampai menghipnotis publik Jerman di event Documenta Fyfteen, even festival musik lima tahunan terbesar di Jerman itu.

Nazla yang waktu di Jerman membawakan lagu andalan Nasidaria berjudul Perdamaian dan main musik tamborin itu, seolah menjadi magnet. Berkali-kali disorot wajahya yang cantik dan putih.

Wanita satu anak ini mengaku Nasidaria membawakan lebih dari 9 lagu andalan di Jerman. Selain Perdamaian ada Tahun 2000, Kota Santri, Anakku, Dunia Dalam Berita dll. Penonton tampak antusias saat Nasidaria mendendangkan lagu Perdamaian. Seolah menjadi kritik atas perang yang saat ini berlangsung antara Ukraina dan Rusia.

“Kita merasa terhormat disana, apa lagi saat melihat sosial media, ternyata penampilan kami juga tranding topik di tanah air. Sosmed Indonesia memuji Nasidaria mmmpu membawa harum nama Indonesia,”tambah alumni Udinus Semarang, pemilik IG Nazla_Zain, dengan 6000 lebih follower itu.

KLIK VIDEO SELENGKAPNYA : NAZLA ZAIN, PERSONIL QOSIDAH NASIDARIA !!

Di grup Nasidaria, Nazla Zain termasuk junior. Karena ada 11 kru lain yang masih aktif dari generasi pertama, kedua, ketiga. Dia sendiri generasi ke empat. Bahkan vokalis legendaris generasi pertama, Rein Djamain, juga tampil maksimal di panggung. Padahal kini sudah usia 60 tahun lebih.

“Begitulah cara Nasidaria merawat grup qosidah ini. Selalu regenerasi bahkan sekarang sudah menyiapkan generasi ke-lima, yang masih anak SD untuk diajari musik dan beryanyi,”kata putri Gus Kholiq Zain, Manager Nasidaria Management ini.

Gus Kholiq sendiri adalah putra almarhum Muhammad Zain, pendiri Nasidaria tahun 1974. “Jadi dengan pendiri, saya ini adalah cucu. Saya harus meneruskan perjuangan beliau berdakwah lewat lagu, bahkan sampai ke Jerman sekalipun,”tambah Nazla, pemilik akun Youtub Nazla Zain Dailly Vlog itu.

Di tanah air sendiri, kata Nazla, Nasidaria tak pernah berhenti. Jadwal show antri di mana-mana. Bahkan dua hari setelah tiba dari Jerman langsung manggung di Brebes Jawa Tengah. “Pas tiba di Jakarta, kami juga langsung show di televisi, jadi harus nginap semalam lagi di Jakarta. Kami matur nuwun kepada fans Nasidaria dan masyarakat semuanya yang terus mencintai Nasidaria. Doakan kami terus berkibar berdakwah lewat lagu,”harapnya. (jan)