Ogah Pensiun di Timnas

STUTTGART – Jerman dan Spanyol bertemu pada babak perempat final Euro 2024 yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jumat (05/07/2024) pukul 23.00 WIB. Gelandang veteran Jerman, Toni Kroos, menegaskan laga ini tidak akan menjadi yang terakhir baginya.

Toni Kroos pada Mei lalu mengumumkan akan gantung sepatu usai Piala Eropa 2024. Menjelang duel Jerman melawan Spanyol, pemain Spanyol Joselu mengatakan pertandingan nanti akan menjadi penampilan terakhir Kroos. Tentu saja pernyataan dari rekan setim Kroos di Real Madrid itu merupakan bagian dari perang urat saraf.

“Kami berharap pertandingan besok akan menjadi yang terakhir bagi Kroos. Bukan hanya karena kami akan melawannya, tetapi juga karena kami akan berhadapan dengan tim yang hebat. Kami ingin memensiunkan Toni,” ujar Joselu dikutip AFP.

“Saya sering berdiskusi dengannya dan dia memberi banyak saran yang berguna. Dia adalah pemain kunci untuk Jerman dan Real Madrid. Kami harus berhati-hati dengannya,” sambungnya.

Kroos, yang berperan dalam kesuksesan Jerman di Piala Dunia 2014, menanggapi komentar Joselu dengan tenang. Ia menyatakan bahwa setiap tim dalam turnamen ini tentu berambisi menang, sehingga komentar Joselu itu sendiri tidak mengherankan.

“Kami akan tetap berada di turnamen ini untuk waktu yang lebih lama. Saya tidak merasa bahwa pertandingan besok akan menjadi yang terakhir bagi saya,” ucap Toni Kroos.

Jerman akan ditantang oleh juara Euro 2012, Spanyol yang sedang dalam tren positif setelah menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih kemenangan di Euro kali ini.

Kroos bertekad untuk pensiun saat masih di puncak performa. Kroos percaya bahwa keputusan untuk pensiun adalah sesuatu yang akan dihadapi oleh setiap pemain, dan dia merasa beruntung dapat membuat keputusan tersebut secara mandiri.

“Saya bersyukur dapat mengambil keputusan sendiri, daripada didorong oleh orang lain atau merasa sebaiknya saya melakukannya lebih cepat,” tutur mantan pemain Bayern Munchen itu.

“Saya menyadari bahwa tidak ada yang bisa saya kuasai sebaik bermain sepak bola, tidak peduli apa yang akan saya hadapi atau hobi baru apa yang mungkin saya coba,” pungkasnya. (bls/riz)