Oktober Bulan terkutuk MU

11
Ole Gunnar Solskjaer

JATENGPOS.CO.ID, MANCHESTER – Bulan Oktober seakan menjadi bulan terkutuk bagi Manchester United. Bulan ini MU sudah menerima kekalahan mengerikan sepanjang sejarah. Terbaru, The Red Devils harus menerima nasib kalah 0-5 dari rival bebuyutannya, Liverpool pada laga pekan ke-9 Liga Inggris, Minggu (24/10/2021) malam WIB.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Old Trafford, MU harus melihat gawangnya terkena hat-trick Mohamed Salah dan tambahan gol dari Naby Keita serta Diogo Jota. Hasil tersebut merupakan kekalahan paling telak yang diderita Man United kala berhadapan dengan Liverpool.

Tim berjuluk Setan Merah tersebut sekaligus diingatkan bahwa Oktober selalu menjadi bulan penuh kesialan bagi mereka. Dilansir BolaSport.com dari Squawka, kekalahan terberat Red Devils di Liga Inggris selalu mampir ketika Oktober tiba.

Kesialan pertama Setan Merah di era Premier League saat Oktober dimulai pada musim 1996-1997. Bertandang ke markas Newcastle United pada 20 Oktober 1996, Man United pulang dengan kekalahan 0-5.

Tiga tahun berselang, Man United kembali mengalami kesialan saat menghadapi Chelsea. Lagi-lagi di kandang lawan, Man United, yang saat itu dilatih oleh Sir Alex Ferguson, harus kalah 0-5 pada 3 Oktober 1999.

Setelah kekalahan dari Chelsea tersebut, Man United sempat melalui satu dekade lebih tanpa hasil terkutuk pada Oktober. Kutukan baru kembali pada 23 Oktober 2011, kali ini di hadapan rival sekota sendiri, Manchester City.

Setan Merah menelan kekalahan 1-6 dari Man City pada laga yang diwarnai selebrasi ikonis “Why Always Me?” milik Mario Balotelli. Kekalahan 1-6 dari Man City menjadi satu-satunya hasil terburuk yang diderita Man United pada Oktober dekade 2010-an.

Kesialan Man United baru datang lagi pada musim 2019-2020, tepatnya 4 Oktober 2020, melawan Tottenham Hotspur. Berbeda dengan dua hasil buruk sebelumnya yang selalu terjadi di pertandingan tandang, tiga kekalahan buruk Man United pada Oktober selanjutnya justru terjadi saat bermain di kandang sendiri.

Tottenham Hotspur memberi kekalahan telak 1-6 saat berkunjung ke Stadion Old Trafford. Rasa sakit musim lalu yang masih tergolong baru kembali terulang musim 2021-2022. Kali ini Liverpool yang menjadi pelakunya.

Status Man United yang pada awal musim sempat menjadi salah satu kandidat juara mulai diragukan mengingat mereka kini menempati urutan ke-7 di klasemen Liga Inggris. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut juga kini sudah menelan total lima kekalahan di semua ajang yang mereka ikuti musim ini. (bola/riz)