OPD Didorong Segera Siapkan Kegiatan APBD

Bupati Demak mengharapkan OPD harus segera menyiapkan kegiatan untuk APBD 2018. FOTO : ADHI/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Berani, mahir dan kepekaan nurani adalah tiga hal utama yang harus dijadikan pegangan oleh ASN dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari dalam menunjang kinerjanya. Demikian disampaikan Bupati Demak HM Natsir saat Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan APBD Kabupaten Demak Tahun anggaran 2017 Senin (4/12/2017).

“Untuk itu ASN agar bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan semua kegiatan pada akhir tahun ini,” tegas Bupati.

Ditambahkan oleh bupati, bahwa hampir semua OPD di Kabupaten Demak sudah memenuhi target yang sudah ditetapkan dalam penyerapan anggaran.

“Hanya tiga OPD yang belum memenuhi target tersebut, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Perumahan dan Permukiman. Diharapkan pertengahan Desember ini semua OPD di Kabupaten Demak bisa memenuhi target yang diharapkan,” imbuhnya.

Sedangkan Sekda Singgih mengharapkan Kepala OPD Untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan APBD tahun anggaran 2018. Mereka harus sesegera mungkin menayangkan RUP (Rencana Umum Pengadaan) pada awal Tahun Anggaran di website LPSE Kabupaten Demak sebagai syarat dalam Pengadaan Barang/Jasa secara e-proc maupun e-purchasing serta menjalankan aplikasi e-monev yang telah disediakan oleh LKPP guna monitoring secara online. Selain itu, Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran ( PA / KPA ) segera membuat Surat Keputusan Penunjukan / penetapan.

“Bagi OPD yang mempunyai anggaran Pengadaan Barang dan Pengadaan Jasa Konstruksi yang akan dilelangkan segera mengajukan kepada Ka. ULP Kab. Demak disertai kelengkapannya. Sedangkan untuk Pengadaan Jasa Konsultansi kelengkapannya berupa :KAK (Kerangka Acuan Kerja ), HPS ( Harga Perkiraan Sendiri ), serta Draft kontrak,” lanjut Singgih.

“Yang tidak kalah penting, OPD yang mempunyai anggaran Pengadaan Jasa Konstruksi agar segera membuat design perencanaan dengan didahului survey lapangan yang cermat,” pungkasnya.  (adi/muz)